Sukses

108 Siswa SD Juara Jadi Duta Lingkungan di Pekanbaru

Awalnya, Duta Lingkungan ini hanya diikuti sebanyak 74 orang

Citizen6, Pekanbaru Sebanyak 108 siswa juara terpilih menjadi Duta Lingkungan pada Minggu (31/1) lalu, mereka melakukan aksi nyata dengan membersihkan lapangan SD JuaraPekanbaru dari sampah, Selasa (2/2). Aksi nyata ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Duta Lingkungan sebagai sarana pendidikan bagi siswa dalam menjaga lingkungan serta menerapkan budaya cinta lingkungan.

“Duta Lingkungan adalah program lanjutan dari Polisi Juara yang telah kami laksanakan sejak tahun 2010. Duta Lingkungan merupakan program pembinaan kepada sebagian siswa agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar sehingga mereka menjadi pemicu dan model bagi seluruh warga sekolah terhadap upaya pelestarian lingkungan," ujar Suriksodi Saputro, Kepala SD Juara Pekanbaru, Jum’at (5/2).

Awalnya, Duta Lingkungan ini hanya diikuti sebanyak 74 orang. Namun karena responnya besar, sehingga jumlah pendaftar pun meningkat. Selain itu, sebagai penyemangat sekaligus menjadi tanda pengenal, petugas yang mendapat bagian jadwal piket diberikan pin Duta Lingkungan.

“Tugas khusus mereka adalah turut mengawal program Adiwiyata terutama kebersihan sekolah serta mengajak orang lain turut menjaga lingkungan. Duta Lingkungan juga bekerjasama dengan Guru Piket yang mengkoordinir kegiatan,” papar Amelia Salfitri, Bagian Kesiswaan SD Juara Pekanbaru.

Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 5 hari, dengan 10 Duta Lingkungan yang bertugas setiap harinya. Adapun tugas mereka adalah menjaga kebesihan lingkungan sekolah dari sampah. "Mereka yang menjadi Duta Kebersihan harus bisa mengajak dan mengingatkan siswa lain untuk membuang sampah pada tempatnya agar keasrian lingkungan sekolah tetap terjaga," tutur Amelia.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.