Sukses

Ini Alasan Pantat Botol Punya Lekukan di Bawahnya

Pernah bertanya-tanya mengapa pantat botol memiliki lekukan di bawahnya?

Citizen6, Jakarta Pernahkah Anda memerhatikan bagian lekukan di bagian bawah botol anggur, botol selai, atau bahkan botol Nutella favorit Anda? Botol air mineral biasanya juga memiliki lekukan yang sama. 

Nah, tahukah Anda ternyata lekukan tersebut bukanlah hanya untuk desain semata. Banyak alasan mengapa botol dan guci memiliki lekukan di bagian pantatnya. Berikut beberapa jawabannya seperti dilansir dari Scoopwhoop, Minggu (07/02/2016).

1. Lekukan membuat Anda lebih mudah untuk menahan botol. Lekukan tersebut dapat menjadi tempat telapak tangan, ibu jari, atau jari lainnya saat memegang botol.

2. Lekukan di pantat botol memberi ilusi optik pada mata. Hal ini membuat Anda berpikir botol lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.

3. Ilusi optik tersebut juga menghemat 57 gram isi di dalam botol. Sehingga menipu pikiran Anda yang mengira botol tersebut terisi lebih banyak dari yang sesungguhnya.

4. Menambah kekuatan ke dasar botol dan guci, menjaga mereka meledak karena tekanan tinggi di mana anggur atau selai disimpan. Hal ini juga membuat isi botol utuh dan segar.

5. Membantu Anda agar lebih mudah membersihkan botol. Sebab, air dapat dengan mudah menyebar ke seluruh botol karena adanya lekukan tersebut.

6. Meningkatkan permukaan kontak antara isi botol dengan suhu tempat botol disimpan. Dengan kata lain, lekukan tersebut menjaga minuman tetap dingin.

Botol anggur biasanya disimpan dalam ember es dan permukaan kontak yang lebih baik dengan es memungkinkan anggur untuk dingin lebih cepat atau tetap dingin.

7. Cara penyimpanan anggur secara tradisional membuatnya penting untuk menjaga antara botol bersinggungan. Itulah sebabnya terdapat lekukan di bawah botol anggur.

8. Menjaga botol dari beresonansi, terutama saat dalam masa pengiriman.

9. Menjaga botol terguling karena lekukan membuat botol lebih stabil dibanding botol dengan pantat datar. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini