Sukses

Ilmuwan: Di Masa Depan, Pria Tak Dibutuhkan untuk Ciptakan Bayi

Citizen6, Jakarta - Para ilmuwan di Tiongkok mengklaim telah menemukan cara bagi wanita untuk mempunyai bayi, tanpa campur tangan laki-laki. Cara yang ditempuh yakni dengan menciptakan sperma buatan.

Sebagai percobaan awal, tim ilmuwan dari Tiongkok mengujicobakan temuan tersebut pada tikus. Mereka berhasil menciptakan bayi tikus yang sehat dengan menyuntikkan sperma buatan. Mereka mengklaim teknik tersebut dapat membuka jalan sebagai pengobatan baru bagi kesuburan pria.

Sel sperma yang diciptakan tidak memiliki ekor dan tidak bisa berenang. Namun ketika disuntikkan ke sel telur, mereka dapat menciptakan embrio yang layak.

Dr Jiahao Sha dari Nanjing Medical University yang ikut memimpin penelitian, menerbitkan hasil penelitian itu dalam jurnal Cell Stem Cell. Ia mengatakan, jika terbukti aman, cara tersebut dapat menghasilkan sperma yang berfungsi penuh dalam inseminasi buatan.

"Pengobatan kesuburan bagi pasangan saat ini tidak bekerja cukup baik. Kami berharap, dengan pendekatan ini, tingkat keberhasilan untuk pasangan infertil yang ingin mempunyai anak makin tinggi," ujar Jiahao seperti dikutip dari Mirror, Jumat (26/02/2016).

mirror 

Percobaan tersebut telah dimulai sejak 2011. Waktu itu tim Jepang berhasil memproduksi tikus dari sel induk yang berkembang menjadi sperma yang sehat.

Infertilitas memengaruhi sekitar 15 persen dari pasangan di dunia. Penyebab utamanya adalah kegagalan saat meiosis.

"Metode kami sepenuhnya sesuai dengan standar kelayakan yang dibuat ahli biologi reproduksi. Ini membuat kita berpikir metode ini sangat menjanjikan untuk mengobati infertilitas pada pria." (Sul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Menyedihkan, Sindrom Langka Buat Gadis Ini Lahir Tanpa Muka
Artikel Selanjutnya
Penyakit Langka Tak Hentikan Gadis Ini Ciptakan Lukisan Indah