Sukses

Minum Kopi Bisa Lindungi Hati para Peminum Alkohol?

Mengonsumsi 2 gelas kopi sehari ternyata dapat melindungi hati dari sirosis akibat konsumsi alkohol berlebihan

Citizen6, Jakarta - Sejak lama, kopi telah dikaitkan dengan berbagai macam efek kesehatan yang positif, bahkan penelitian membuktikan kopi juga berpengaruh terhadap pengobatan anti-kanker. Penelitian terbaru malah mengungkapkan minum dua gelas kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risikosirosis akibat alkohol sebanyak 43 persen.

Sirosis merupakan jaringan parut pada hati yang menyebabkan kerusakan fungsi hati. Penyakit ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk obesitas dan konsumsi alkohol berlebihan.

Untuk membuktikannya, tim peneliti mengumpulkan data dari sembilan studi yang telah ada tentang efek minum kopi pada risiko sirosis. Lalu, temuan itu diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics.

Seperti dikutip dari Iflscience, Selasa (01/03/2016), dari lebih dari 43.000 peserta di sembilan penelitian, dilaporkan 1.990 kasus sirosis di dalamnya. Saat para ilmuwan menyaring data untuk memeriksa kasus sirosis yang disebabkan oleh alkohol, para peneliti menemukan bahwa minum satu cangkir kopi setiap hari menyebabkan penurunan 22 persen risiko sirosis.

Sementara itu, konsumsi dua cangkir terkait dengan penurunan 43 persen; tiga cangkir menurun sebanyak 57 persen, dan empat cangkir risiko sirosis menurun sebanyak 65 persen.

Meski data tersebut menggembirakan, para peneliti mengaku bahwa penelitian mereka memiliki beberapa keterbatasan. Seperti, fakta bahwa data tersebut hanya mengaitkan konsumsi kopi dengan sirosis akibat alkohol dan bukan penyebab sirosis lainnya, seperti obesitas, diabetes, atau hepatitis.

Juga masih belum jelas apakah semua jenis kopi menghasilkan efek yang sama atau tidak. Yang pasti, ilmuwan menganjurkan untuk menjaga pola hidup sehat. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.