Sukses

Eka Kurniawan Rilis Novel Terbaru, Fans Membeludak

Novel terbaru Eka Kurniawan "O" yang dirilis hari ini, disambut baik oleh para penggemar

Citizen6, Jakarta - Novel terbaru Eka Kurniawan, O, resmi dirilis hari ini. Bertempat di Gramedia Central Park, Jakarta, Eka menuturkan proses kreatif penulisan novel keempatnya tersebut. Menurut Eka, dibutuhkan waktu delapan tahun untuk menyelesaikan novel itu. 

O berkisah tentang kehidupan seekor monyet bernama O yang ingin menikah dengan kaisar dangdut. Diceritakan bahwa di dunia tempat O tinggal, monyet-monyet harus berperilaku seperti manusia agar dapat menjadi manusia seutuhnya. O pun melakoni itu sebagai bentuk cintanya pada Entang Kosasih, sang Kaisar Dangdut.

- 

Secara keseluruhan, O bisa disebut sebagai fabel karena banyak menceritakan mengenai tokoh-tokoh hewan. Namun, tidak pula sepenuhnya fabel karena masih ada tokoh manusia dalam ceritanya.

Novel keempat Eka ini lebih kompleks dibanding sebelumnya. Bingkai-bingkai cerita disusun sedemikian rupa sehingga dapat dinikmati sebagai satu kesatuan novel yang utuh.

- 

Beberapa novel Eka telah diterbitkan ke dalam berbagai macam bahasa. Bahkan, baru-baru ini, novel Lelaki Harimau mencatatkan prestasi gemilang.

Eka merupakan penulis Indonesia pertama yang namanya dinominasikan di ajang penghargaan sastra bergengsi dunia, The Man Booker International Prize. Dalam penghargaan itu, Eka berbagi tempat dengan para penulis peraih Nobel Sastra seperti Orhan Pamuk dan Kenzaburo Oe.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.