Sukses

Anak TKI Berprestasi di Jambore International

Selain kegiatan-kegiatan kepanduan, dalam ajang akbar ini panitia menyelenggarakan perlombaan antar kontingen.

Citizen6, Jakarta - Pada tanggal 12-16 maret 2016, Persatuan Pengakap Malaysia Cawangan Sabah, Malaysia mengundang pramuka Indonesia untuk ikut serta dalam Jambore Nusantara International yang berlokasi di Kompleks Sukan Tawau.

Dalam ajang yang diikuti oleh 2.400 peserta ini, Indonesia diwakili oleh kontingen garuda 1, utusan Kwarcab gerakan pramuka Nunukan sebanyak 126 peserta dan pramuka CLC SMPT yang berada di Sabah Malaysia sebanyak 60 peserta.

Selain kegiatan-kegiatan kepanduan, dalam ajang akbar ini panitia menyelenggarakan perlombaan antar kontingen. Adapun cabang lombanya yaitu, pembuatan gapura, standard camp, memasak, menari, menyanyi, takraw, futsal dan bola voli.

Sebagai tamu, kedua kontingen dari Indonesia ini menunjukan prestasinya dengan menjadi juara di setiap cabang lomba. Bahkan kontingen pramuka CLC SMPT berhasil menjadi kontingen terbaik. Atas prestasi kontingen pramuka CLC SMPT menjadi kontingen terbaik, Ketua Pengakap Negeri Sabah, Dato’ Taufiq, memberikan apresiasi yang tinggi .

Muntohar Mumun, salah seorang Pembina kontingen pramuka CLC mengatakan, “Kami sangat bangga dan terharu terhadap anak-anak. Pertama mereka menjadi terbaik padahal hanya dilatih selama empat hari dari tanggal delapan sampai sebelas maret.

Kedua, 60 peserta ini adalah berasal dari 22 CLC yang berjauhan se-Sabah namun mereka bisa menunjukan kekompakan. Ini bukti anak-anak Indonesia di hutan sawit Sabah ini mempunyai potensi, tanggung jawab dan kedisiplinan yang luar biasa”.

Cabang yang dimenangkan oleh kontingen Indonesia adalah sebagai berikut;
Kontingen garuda 1 (Pramuka Kwarcab Nunukan) 1. Juara 1 bolla volley
2. Juara 1 futsal
3. Juara 3 memasak
4. Juara 2 takrow

Kontingen garuda 2 (Pramuka CLC SMPT di Sabah)
1. Juara 1 menyanyi
2. Juara 1 menari
3. Juara 1 membuat gapura
4. Juara 2 memasak
5. Kontingen terbaik

Pengirim:

Padlil Syah

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini