Sukses

Sekarang Saatnya Membangun Startup

Untuk membangun sebuah bisnis startup tentu ga semudah membalikkan telapak tangan ya.

Citizen6, Jakarta Mungkin kamu semua sudah mulai sadar kalo startup di Indonesia kini makin berkembang pesat. Ga cuma sekedar menjadi perbincangan, tapi banyak anak muda Indonesia yang ga ragu buat banting setir dan nyebur langsung ke bisnis satu ini. Ga sedikit yang meninggalkan kemapanan bekerja di perusahaan besar dan justru berani untuk mulai merintis startup dari nol.

Hal ini tentu perlu disambut positif, karena pada dasarnya ide dari sebuah bisnis startup adalah sebagai sebuah solusi dari permasalahan yang dijumpai di masyarakat. E-commerce misalnya yang memberi kemudahan bertransaksi antara penjual dan pembeli. Ada lagi ojek online sebagai solusi dari kemacetan serta tarif dari yang tidak pasti dari ojek-ojek konvensional pada umumnya.

Selain itu semakin banyak bisnis startup yang berkembang semakin terbuka lebar pula lapangan pekerjaan. Tapi untuk membangun sebuah bisnis startup tentu ga semudah membalikkan telapak tangan ya. Di bawah ini akan kita share sedikit tips untuk kamu dalam membangun bisnis startup.

1. Temukan problem.

Cari masalahnya. Bukan dengan ngajak ribut ya. Kamu perlu untuk melatih kepekaan. Coba lihat lingkungan sekitar. Sangat banyak permasalahan di negeri kita yang butuh solusi dari kamu. Apa kira-kira?

2. Validasi.

Setelah ketemu permasalahannya, yang perlu kamu lakukan adalah validasi. Pastikan kalo itu permasalahan umum ya. Banyak orang yang menganggap kalo itu jadi masalah. Jadi saat kamu meluncurkan produk nanti akan diterima sama orang-orang sebagai solusi. Seringkali kita gagal melakukan validasi, kita kira itu jadi masalah buat semua orang ternyata cuma kita sendiri yang ngerasa kalo hal tersebut jadi masalah.

Untuk membangun sebuah bisnis startup tentu ga semudah membalikkan telapak tangan ya.

3. Buat Perencanaan

Pada tahap ini kamu dituntut mampu menuangkan gagasan ke dalam sebuah business plan. Seringkali model lean canvas digunakan dalam pembuatan perencanaan bisnis startup. Di sini kamu dituntut mampu menuangkan dengan jelas problemnya apa solusinya apa, keunggulan produk kamu apa, hingga pemasukan akan dari mana. Semua harus jelas.

4. Cari Investor

Dalam memulai bisnis startup ga harus keluar uang dari kantong kok. Saat punya ide bisnis yang cemerlang ada sangat banyak di luar sana investor yang ga ragu untuk mengucurkan dananya buat berinvestasi di bisnis startup kamu. Harus jago meyakinkan ya. Namanya pitching atau presentasi ke investor, dan ini cuma dilakukan selama dua menit! Nah loh, harus siapkan presentasi yang menarik ya.

5. Percaya.

Percaya dan yakin. Gimana kamu bisa minta orang lain percaya sama ide kamu kalo kamu sendiri ga percaya akan berhasil. Bentuk tim yang solid. Dan terus kembangkan. Terus belajar. Faktanya 7 dari 10 startup gagal lho. Ini bukan buat nakut-nakutin tapi justru memotivasi untuk berani mencoba. Berani dan percaya. Siap?

Kalo kita nyoba peluangnya 50:50 tapi kalo ga pernah nyoba peluangnya tau jadi berapa ga? 100%!! 100% GAGAL!! Berani nyoba dan jangan berhenti belajar. Belajar dari ahlinya, belajar dari mentor, belajar dari orang-orang yang udah lebih dahulu sukses membangun usaha startup.

Nah buat kamu yang mau belajar gimana cara bangun usaha sendiri dan gimana pula cara menghadapai tantangannya bisa ikut Di SINI

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.