Sukses

Maratua, Eksotisme Pulau Terdepan Indonesia di Kalimantan

Simak keindahan pulau Maratua yang eksotisme dan sebagai pulau terdepan di Kalimantan. Penjelajahan ini dilakukan oleh Barry Kusuma

Citizen6, Jakarta Maratua merupakan wisata bahari yang menyuguhkan beranekaragam spesies hewan laut, beberapa diantaranya langka dan termasuk hewan dilindungi. Tak heran jika disini menjadi surga bagi para penyelam dan fotografer karena keindahannya yang mempesona. Letaknya yang beradadibagian terluar Indonesia serta perlu waktu yang tidak sebentar untuk bisa sampai ke pulauMaratua, tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjungkesini.

Untuk menuju pulau Maratua, perjalanan dapat dimulai dari kota Balikpapan menuju Tanjung Redeb lewat jalur udara selama 1 jam, lalu dilanjutkan dengan speedboat dari Tanjung Redeb ke pulau Maratua sekitar 2-3 jam. Apabila melalui Tanjung Batu harus lewat jalur darat terlebih dahulu, memakan waktu sekitar 2 jam dari Tanjung Redeb kemudian dilanjutkan menggunakan speedboat selama 30 menit.

Di pulau Maratua sarana transport darat yang sering digunakan adalah kendaraan roda dua, selain karena fasilitas setempat yang masih terbatas, juga karena jalan yang tidak terlalu lebar. Desa yang dapat terhubung melalui jalur darat hanya desa Payung-payung, Bohe Silian dan Teluk Harapan, hal ini membuat transport air masih menjadi yang utama di pulau ini.

Lihat juga video tentang keindahan pulau Maratua yang diunggah oleh akun Oliver Jelo di situs vidio.com :

Simak artikel selanjutnya tentang pulau Maratua yang ditulis oleh Barry Kusuma di Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan ini.

Barry Kusuma adalah travel photographer yang menjelajahi Indonesia untuk mendokumentasikan keindahan alam dan budaya. Aktivitas Barry Kusuma dapat diikuti di Forum Liputan6 dengan mengikuti tautan ini.

 **Ikuti Thread of The Week Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.