Sukses

Anaknya Menikah, Orangtua Malah Disuruh Menarik Mobil Pengantin

Aksi aneh pasangan paru baya ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan keluarga di Tiongkok ketika ada anaknya yang menikah.

Citizen6, Tiongkok - Dalam sebuah pernikahan, peran orangtua memang sangat penting saat prosesi sakral tersebut berlangsung. Ayah dan ibu biasanya menuntun sang calon pengantin menuju pelaminan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi calon pengantin di Henan, Tiongkok ini.

Tampak orangtua mempelai pria yang berpakaian seperti keledai sedang menarik mobil mewah, Porsche, sedangkan sang pengantin duduk di dalamnya. Dilansir CCTV News, Rabu (27/4/2016), aksi pasangan paru baya ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan keluarga di Tiongkok dan dapat bervariasi tergantung pada daerahnya. Tetapi beberapa tradisi lokal sekarang dianggap kontroversial, bahkan tidak dapat diterima banyak orang.

dok: CCTV/Facebook.com

Orangtua dari pengantin yang tak diketahui namanya ini menjadi korban terbaru dari tradisi aneh tersebut. Aksi konyol mereka pun menjadi perhatian warga sekitar, bahkan banyak dari mereka mengabadikan momen tersebut untuk di unggah ke media sosial. Kontan foto orang tua tengah menarik Porsche yang beredar di lini masa menimbulkan perdebatan sengit para netizen hingga menjadi viral di internet.

dok: CCTV/Facebook.com

Para netizen juga mempertanyakan apakah tradisi tersebut telah ada selama ratusan tahun dan masih pantas dilakukan untuk masyarakat modern seperti saat ini.

dok: CCTV/Facebook.com

Aksi tersebut telah menjadi contoh ekstrim dari tradisi Cina kuno "naohun," yang bisa diartikan sebagai "membuat keributan di pesta pernikahan." Menurut sebuah survei yang dilakukan Tongling Post, ternyata lebih dari 70 persen warga Tiongkok merasa malu dan jijik pada tradisi naohun tersebut. Sementara beberapa orang yang melakukan tradisi tersebut terpaksa melaksanakannya karena di bawah tekanan teman dan menghindari argumen dengan teman-temannya.

Nah, bagaimana menurut kamu. Apakah tradisi tersebut masih layak dilakukan?

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini