Sukses

Konark, Candi Paling Erotis di India, Seperti Apa?

Di banyak budaya dan literatur kuno, banyak ditemukan karya cipta yang sifatnya erotis, salah satunya Konark.

Citizen6, Jakarta - Di banyak budaya dan literatur kuno, banyak ditemukan karya cipta yang sifatnya erotis. Salah satu warisan budaya masa lalu yang bersifat erotis itu misalnya Candi Sukuh di Jawa Tengah atau Serat Centhini di bidang sastra.

Di India juga terdapat candi yang diklaim paling erotis. Namanya Candi Konark. Candi ini terletak di India Timur dan didedikasikan untuk Dewa Matahari.

Candi ini juga dikenal sebagai kuil Black Pagoda, kuil megah dengan arsitektur dari penduduk Orissa. Candi ini merupakan hasil karya dari akumulasi keahlian teknis sejak beberapa ratusan tahun. Candi Konark adalah hasil puncak dari gerakan arsitektur Orissan.

Candi ini dibangun oleh Raja Langula Narasinghdev (1238-1264). Candi ini dikerjakan oleh orang-orang yang benar-benar jenius. Namun sayang menjelang abad ke-16, candi ini diserang oleh sekelompok penganut agama. Beberapa bangunan dirusak dan dinodai, akhirnya sebagai tempat ibadah, candi ini telantar.

Berdiri megah di pantai berpasir Teluk Benggala, teras, candi ini merupakan sebuah kesaksian dari masa lalu yang anggun dan misterius. Candi ini perlu dilestarikan tak hanya fisiknya namun juga bentuk arsitektur dan nilai-nilai yang tersimpan di dalamnya.

Karena keelokan arsitekturnya, sampai sekarang candi itu tetap populer dan dianggap sebagai warisan penciptaan penting dalam peradaban manusia.

Hubungan erotis antara pria dan wanita mendominasi seluruh dekorasi di candi ini. Patung-patung dan reliefnya menggambarkan hubungan seksual yang penuh sensasi dan emosi.

Kondisi candi itu menuai pro dan kontra. Banyak kritik dialamatkan ke Candi Konark ini. Namun sebagian besar berkomentar, candi ini merupakan karya seni yang terkenal dengan pengerjaannya yang detail dan sempurna.

Patung-patung erotis tidak hanya terbatas pada bagian-bagian tertentu di dalam kuil saja. Candi Konark candi terbagi menjadi tiga bagian sesuai dengan kualitas sifat dasar manusia yang terdiri dari Sattva (kebajikan), Rajas (keberanian) dan Tamas (gairah dan nafsu).

Tertarik berwisata ke sana? Segera booking tiket saja.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini