Sukses

Mengapa Marak Cyber Bullying dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Cyber bullying sebenarnya tidak hanya terjadi pada anak remaja saja, tetapi

Citizen6, Jakarta - Berdasarkan kutipan dari Wikipedia, cyber bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet. Cyber bullying sebenarnya tidak hanya terjadi pada anak remaja saja, tetapi juga sampai orang dewasa, namun untuk kasus seperti itu (pelaku dan korban sama-sama orang dewasa) akan dikategorikan sebagai cyber crime atau cyber stalking (sering juga disebut cyberharassment).

Bentuk cyber bullying ini bermacam-macam, bisa berupa e-mail ancaman, mengunggah foto yang mempermalukan korban (mengedit foto menjadi tidak senonoh), membuat situs web atau akun social media untuk menyebar fitnah dan mengolok-olok korban. Mengapa hal seperti ini sering terjadi di Indonesia khususnya terhadap artis atau mereka yang sedang populer?

Tidak ada alasan yang jelas mengapa seseorang di luar sana bisa mem-bully orang lain yang mereka sendiri tidak kenal (bahkan tidak pernah bertemu sekalipun), beberapa sebab yang paling logis adalah:

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini