Sukses

Penampakan Unik 6 Pohon Tertua di Dunia

Tak heran jika pohon disebut-sebut sebagai makhluk hidup yang menjaga kehidupan.

Citizen6, Jakarta - Pohon mempunyai peran yang besar terhadap kelanjutan ekosistem di dunia. Ia mampu menyerap karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan banyak gas berbahaya lainnya serta melepaskan oksigen dalam pertukaran. Tanpa oksigen, manusia dan hewan tidak bisa hidup.

Oleh karena itu keberadaan pohon di dunia ini sangat penting. Tak heran jika pohon disebut-sebut sebagai makhluk hidup yang menjaga kehidupan. Pohon juga mempunyai usia yang sangat tua. Ingin tahu, berikut 6 pohon tertua di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kongeegen

Kongegen berarti raja oak. Perkiraan pohon ini telah hidup selama lebih dari 1500 tahun di Eropa Utara. Kongegen juga dikenal sebagai pohon yang paling tertua di seluruh Eropa.

3 dari 7 halaman

Kastanye

Kastanye ini juga disebut pohon seratus kuda di Sisilia, beberapa kilometer dari kota Sant' Alfio, di dekat Gunung Etna. Kastanye dikenal sebagai salah satu pohon tertua di dunia. Kastante diyakini telah hidup selama lebih dari 2000 tahun. Pohon kastanye ini besar memegang rekor dunia dengan lingkar terbesar yakni 190 kaki.

4 dari 7 halaman

Jomon Sugi

Adalah pohon Cryptomeria besar dengan tinggi sekitar 83-kaki lingkar 53 kaki yang terletak di Yakushima, Jepang. Jomon Sugi diperkirakan beruisa 2000 tahun. Ppendapat lain mengatakan Jomon Sugi berusia lebih dari 7000 tahun.

5 dari 7 halaman

Jardine Juniper

Sering disebut sebagai pohon tertua yang ditemukan dalam Logan Cayon di Hutan Nasional Cache . Pohon ini ditemukan oleh Maurice Darah Linford pada tanggal 23 Juli 1923 dan dikatakan telah hidup selama 1500 tahun. Sebelumnya Jardine Juniper diyakini berumur sekitar 3000 tahun tapi ketika dites secara ilmiah pohon ini berumur 1500 tahun.

6 dari 7 halaman

Zoroaster Sarv

Zoroaster Sarv juga dikenal sebagai Sarv-e Abarqu atau Cypress dari Abarkuh. Zoroaster Sarv adalah pohon cemara di Central Iran, Yazd Province di Gerakan Nasional Iran. Pohon ini dikatakan telah hidup selama 4000 tahun tak heran jika pohon ini mendapat gelar sebagai makhluk hidup tertua di seluruh Asia.

7 dari 7 halaman

Llangernyw Yew

Llangernyw Yew adalah pohon tertua di Wales, karena lebih dari 4.000 tahun. Pohon ini ditemukan di Gereja St Dygain di Llangernyw, County Borough of Conwy. Pada 2012, ia ditetapkan menjadi daftar 50 Pohon Besar Inggris oleh Pohon Dewan UK.

(War)

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini