Sukses

Pendaki Temukan Fosil Kaki Dinosaurus 230 Juta Tahun yang Lalu

Citizen6, Barcelona - Seorang pendaki gunung amatir terkejut saat menemukan fosil jejak kaki dinosaurus yang berkeliaran 230 juta tahun yang lalu. Penemuan luar biasa itu berlokasi di sebuah pegunungan di utara Barcelona. Yang menakjubkan, penemuan itu menurut para arkeolog merupakan fosil yang terawat dengan baik.

Menurut para arkeolog yang telah mengkonfirmasi penemuan itu, fosil tersebut merupakan jejak cakar raksasa yang dibuat oleh dinosaurus yang hidup di era pertengahan Triassic. Eudald Mujal, seorang ilmuwan di Universitas Barcelona mengatakan jejak itu berasal dari dinosaurus bernama Isochirotherium yang telah punah.

Menurut Mujal, penemuan yang sama juga ditemukan di Inggris dan Skotlandia. Selama ini, Spanyol disebut menjadi tempat terbaik pengawetan jejak dinosaurus sepanjang Semenanjung Iberia.

Dilansir dari Mirror, Rabu (04/05/2016), jejak yang jelas menunjukkan cakar dan sisik itu akan membantu untuk menjelaskan sejarah daerah, serta bagaimana kehidupan reptil yang menjadi pelopor dari dinosaurus.

Para ahli percaya, Isochirotherium memiliki fisik yang besar dan tampak seperti buaya. Selain itu, dinosaurus ini juga berjalan tegak dan memiliki lengan serta kaki yang panjang. Beberapa tahun yang lalu, jejak kaki lainnya ditemukan di daerah yang sama di Barcelona. Namun yang satu ini merupakan yang terbaik yang diawetkan oleh alam.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini