Sukses

Tokoh Kontroversial Irshad Manji Umumkan Nikah Sesama Jenis

Untuk diketahui, Irshad Manji merupakan tokoh muslim paling kontroversial di dunia.

Citizen6 Jakarta - Nama Irshad Manji mungkin tak begitu populer di telinga orang Indonesia. Untuk diketahui, Irshad Manji merupakan tokoh agama paling kontroversial di dunia. Pendapatnya tentang Islam sering membuatnya berurusan dengan tokoh-tokoh muslim lainnya.

Yang mengejutkan, baru-baru ini Irshad Manji mengumumkan bahwa dirinya telah menikahi kekasihnya yang juga perempuan. Ia kemudian mengunggahnya di akun Facebook resminya dengan pernyataan, "Baru saja menikah. Album foto menyusul. Tapi untuk sekarang ini... Terimakasih untuk ucapan selamatnya, dukungan, serta doa. Laura dan saya telah membaca semuanya. Kami sangat bersyukur."

Tidak dijelaskan di mana Irshad Manji menikah. Dari foto yang diunggah, ia nampak mengenakan gaun backless warna pink, berkalung bunga dan mencium kening Laura, kekasihnya.

Irshad Manji dikenal sebagai tokoh muslim yang lahir di Uganda, 1968 silam. Ayahnya berasal dari India dan ibunya berasal dari Mesir. Saat berusia 4 tahun, keluarga Manji pindah dan menjadi warga negara Kanada.

Nama Irshad Manji mengemuka setelah ia menulis banyak buku tentang Islam, seperti yang paling popular berjudul The Trouble with Islam Today dan Allah Liberty and Love. Bukunya pernah diluncurkan dan didiskusikan oleh komunitas Salihara, Jakarta Selatan pada 2012 silam.

Irshad Manji memang dikenal sebagai tokoh muslim yang mendukung LGBT. Pada satu kesempatan ia bahkan melontarkan pernyataan bahwa dirinya adalah seorang lesbian. “Sebagaimana anda ketahui, saya adalah seorang lesbian dan saya tidak meminta persetujuan kaum muslim atas orientasi seksual saya. Saya hanya meminta persetujuan dari dua entitas saja: Sang Pencipta dan nurani saya,” tulisnya.

Sontak unggahan foto pernikahannya, menuai banyak respons. Ada yang mendukung ada juga yang mengecam. Sejak diunggah 15 jam yang lalu, foto Irshad Manji di-like oleh 2.600 orang serta dibagikan lebih dari 200 orang.

(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini