Sukses

Sepak Terjang Irshad Manji, dari Diusir hingga Nyaris Dibunuh

Nama Irshad Manji kembali menjadi sorotan Indonesia, setelah foto pernikahannya dengan pasangan sejenis diunggah di dunia maya.

Citizen6, Jakarta - Nama Irshad Manji kembali menjadi sorotan Indonesia, setelah foto pernikahannya dengan pasangan sejenis diunggah di dunia maya. Sebelumnya nama Irshad Manji di Indonesia dikenal sebagai penulis dari Kanada yang mengkritik ajaran agama Islam. 

Buku-buku Irshad Manji, dominan berisi pandangan kritis terhadap ajaran Islam. Tak ayal jika diskusi buku Irshad Manji yang digelar di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, dibubarkan oleh Polisi bersama dengan Ormas Front Pembela Islam. Tidak hanya itu, kuliah umum Irshad Manji kerap dibubarkan karena dianggap sesat.

Lalu, siapa sebenarnya Irshad Manji? Mengapa ia getol mengkritik ajaran Islam?

Irshad Manji adalah penulis, wartawan, advokat, dan aktivis liberal Islam kelahiran Uganda, Afrika Timur, 1968. Ayahnya berasal dari India dan ibunya keturunan Mesir. Sejak kecil keluarganya pindah ke Kanada dan menjadi warga negara di sana. Dia dibesarkan di lingkungan sekuler dan sebuah sekolah beragama Islam. Dia mempelajari Islam melalui perpustakaan umum dan tutor bahasa Arab selama 20 Tahun. Bisa dibilang ia mempelajari Islam dengan caranya sendiri.

Dikutip dari laman resminya irshadmanji.com, ia kerap mendapat ancaman pembunuhan dalam bentuk surat. Jika terus menyampaikan gagasan yang dimilikinya, orang-orang yang mengancamnya tidak segan akan mematahkan lehernya. Ia bahkan pernah diancam akan diesekusi mati oleh anggota Islam ektremis.

Tetapi Irshad Manji mengaku tak gentar. Penulis buku Allah, Liberty and Love itu rela mempertaruhkan nyawanya terkait gagasan, pemikiran, dan keyakinannya. Bahkan ia membentuk proyek di internet dengan nama MoralCourageChannel, yang isinya mengajarkan keberanian kaum muda untuk berani kritis.

Kini yang paling mengejutkan adalah secara terbuka dia mengaku telah menikahi pasangan lesbiannya. Lewat akun Facebooknya Irshad Manji mengumumkan pernikahannya dengan Laura di Hawai. Hal ini yang kemudian membuat nama Irshad Manji mencuri perhatian dunia.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.