Sukses

Pitu Latta, Pesona Air Terjun di Peppana yang Tak Ada Duanya

Indonesia memang kaya akan kekayaan alamnya. Di Dusun Peppana terdapat air terjun yang memukau.

Citizen6, Jakarta Indonesia memang kaya akan kekayaan alamnya. Di Dusun Peppana, desa Rajang Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, tidak jauh dari kota Parepare terdapat Air terjun yang biasa disebut dengan Pitu Latta.

Dinamakan demikian karena di lokasi air terjun ini memiliki tujuh tingkat dan salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran ingin melihat indahnya panorama air terjun Pitu Latta?

Air terjun Pitu Latta ini belum dikelola baik oleh pemerintah setempat. Pengunjungnya pun masih jarang karena memiliki medan yang cukup menantang. Dengan memiliki tinggi kurang lebih 100 meter dan berada di dataran dengan ketinggian sekitar 900 mdpl, menjadikan air terjun ini terlihat indah, lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata lain jika kamu sudah bosan dengan air terjun lainnya yang ada di Indonesia.

Sebelum sampai di lokasi air terjun Pitu Latta, terlebih dahulu kita akan disuguhi pemandangan dari atas ketinggian. Ketujuh air terjun ini memiliki karakter yang hampir sama namun mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Untuk menuju lokasi ini kita berangkat dari  Desa Rajang, berjalan menelusuri hutan yang sebagian jalannya sudah di ratakan dengan tanah namun jalur lainnya untuk menuju ke air terjun masih berbatu. Perkiraan untuk mencapai ke air terjun ini satu jam.

Perlengkapan yang dibutuhkan diantaranya air mineral supaya tidak dehidrasi karena kita akan melewati jalur dengan medan naik turun khas perbukitan. Mobil yang digunakan sebaiknya mobil khusus seperti jeep dan motor tril. Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen anda saat berada di lokasi.

Selain berbatu, jalanan kadang berlumpur dan harus menyebrangi beberapa anak sungai. Meski begitu banyak wisatawan yang tetap ingin melihat pesona keindahan air terjun Pitu Latta ini. Rasa lelah akan terbayar setelah kita sampai di lokasi air terjun.

Ashar mengaku baru pertama kali ke air terjun ini tercengang melihat indahnya air terjun tersebut. "Fantastik, sungguh indah ciptaan Tuhan, "kata dia sambil tersenyum meski masih ngos-ngosan dalam perjalanan

Dia pun berharap kepada pemerintah setempat untuk memperhatikan objek wisata air terjun ini karena ini sangat bagus untuk dikembangkan, salah satunya dengan memperbaiki jalan yang menuju ke lokasi.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun kita akan ditemani oleh kicuan burung, pemandangan di air terjun ini masih sangat asri dengan tumbuhan tumbuhan hijau nampak menyegarkan mata. Air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan, fasilitas umum di lokasi air terjun pun belumada.

Seperti apa keindahannya, yuk kita simak videonya:

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini