Sukses

Seram, 6 Penyakit Ini Dapat Menular Melalui Ciuman

Ternyata ciuman dapat menularkan enam penyakit ini. Apa saja?

Citizen6, Jakarta - Berciuman adalah salah satu bentuk aktivitas ritual yang di lakukan oleh dua orang karena suatu perwujudan rasa kasih sayang dan cinta terhadap pasangannya.

Ciuman jika dilakukan dalam kondisi keduanya sehat tidak bermasalah dan bahkan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh. Namun jika salah satu atau keduanya tidak sehat artinya dalam tubuhnya terdapat kuman atau bakteri, maka sangat berisiko untuk terjadi penularan penyakit terhadap aktivitas ini.

Yang dimaksud ciuman di sini tentu saja bukan ciuman pipi atau kening namun ciuman bibir. Sebab, dalam rongga mulut yang tidak sehat mengandung banyak bakteri atau virus yang dapat menular ke pasangannya saat terjadi aktivitas ini.

Berikut ini enam penyakit lain yang bisa menular melalui ritual ciuman :

1. Flu

Virus ini sangat mudah menular apalagi jika kondisi tubuh Anda tidak sehat atau sistem kekebalan tubuhnya lemah. Virus penyebab flu menular dengan baik melalui kontak langsung dengan penderita melalui sekresi (lendir atau cairan) yang keluar dari mulut dan hidung.

2. Hepatitis B

Penyakit ini menular saat terjadi ciuman yang mengandung darah dari penderita, biasanya saat terjadi ciuman rongga mulut mengalami luka kecil dan mengeluarkan darah, jika darah ini mengandung virus hepatitis dan cairan saliva yang mengandung darah tersebut berpindah ke mulut pasangan maka pasangan Anda pun beresiko terkena Hepatitis B juga.

Simak kelanjutan artikel yang ditulis di blog Forum Liputan6 oleh Katon Sumargi dengan meng-klik disini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.