Sukses

Fobia Kecoak, Begini Cara Mengatasinya

Tak bisa dianggap sepele, penderita fobia kecoak bisa berakibat fatal. Mulai dari menjerit ketakukan hingga pingsan. Bagaimana mengatasinya?

Liputan6, Jakarta - Kecoak, serangga mungil bersayap ini bisa berubah menjadi monster mengerikan. Ketakutan yang sangat berlebihan terhadap kecoak membuat penderita fobia kecoak menjerit-jerit saat melihat binatang kecil ini. 

Serangga kecoak, yang memiliki nama ilmiah Periplaneta australasiae merupakan hewan luar biasa. Kecoak terdapat hampir di seluruh belahan bumi dan dapat hidup di segala tempat, kecuali tempat membeku di wilayah kutub.

Namun terlepas kemampuan bertahan hidup kecoak, binatang ini tetap menyeramkan bagi sekelompok orang tertentu. Penderita ketakutan terhadap kecoak, disebut dengan istilah Katsaridaphobia. Orang-orang yang menderita katsaridaphobia tak memandang umur, tua-muda dan pria-wanita.

Bagaimana orang dewasa begitu takut dengan makhluk bernama kecoak ini? Kami menjumpai seorang psikolog yang memiliki spesialisasi psikologi klinis Novy, M.Psi.,Psikolog, CGI. Psikolog cantik ini berkunjung ke Redaksi Liputan6.com pada Sabtu, (14/5) lalu. 

"Fobia kecoak bisa bermula dengan traumatik pengalaman masa kecil. Misal seorang anak kecil menyaksikan ibunya menjerit ketakutan melihat kecoak. Ini menjadi modelling anak, masuk ke dalam alam bawah sadar dan menanamkan persepsi bahwa kecoak adalah binatang yang mengerikan, " ujarnya.

Simak kelanjutan mengatasi fobia kecoa dengan meng-klik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini