Sukses

6 Fakta Deddy Dores yang Membuat Kita Terpana

Ada beberapa fakta tentang Deddy Dores yang tak diketahui publik. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Dunia musik Indonesia kembali berduka. Musisi senior Deddy Dores meninggal dunia karena serangan jantung pada pukul 23.45 WIB, Selasa (17/05/2016) di RS Premier Bintaro. Almarhum akan dimakamkan di Sumedang, Jawa Barat, Rabu (18/05/2016).

Ada beberapa fakta dari Deddy Dores yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Musisi yang melambungkan nama Nike Ardila ini memiliki banyak cerita tentang kehidupannya yang tak banyak diungkap ke publik.

Apa saja? Berikut 6 fakta tentang Deddy Dores yang tak banyak diketahui masyarakat.

1. Percayakan lagu Bintang Kehidupan ke penyanyi lain

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Deddy Dores ternyata sudah mempercayakan salah satu lagu ciptaannya, 'Bintang Kehidupan' ke tangan penyanyi lain. Lagu yang sempat membuat nama almarhumah Nike Ardila melambung itu kini dipercayakan ke Sherly Mey.

Namun, tentu saja Sherly Mey akan membawakannya dengan versi baru, yakni dangdut. Sherly Mey mengaku akan berusaha membawa lagu tersebut keluar dari bayang-bayang Nike Ardila.

2. Pernah mengorbitkan bintang cilik idola asal Kanada

Tidak banyak diketahui publik, di awal tahun 90-an, Deddy Dores pernah mencoba mengorbitkan seorang bintang idola cilik asal Kanada. Persaingan dengan Papa T Bob dan Jefry Bule membuat ia tak mau ketinggalan merambah jalur musik pop anak-anak.

Tidak dijelaskan identitas bocah asal Kanada tersebut. Yang pasti, album perdana "Ayah Kawin Lagi" yang bernuansa dangdut pernah dirilis oleh sang penyanyi cilik atas asuhan Deddy Dores. Sayang, lagu tersebut menuai kritik karena tidak sesuai dengan program pemerintah waktu itu yang sedang menggalakkan Keluarga Berencana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lagu-lagu yang ia ciptakan memiliki melodi seragam

3. Lagu-lagu yang ia ciptakan memiliki melodi seragam

Tak banyak yang tahu, lagu-lagu yang diciptakan oleh Deddy Dores memiliki struktur melodi yang seragam. Malahan, saat seorang penyanyi mencoba menyanyikan tiga lagu milik ciptaan Deddy Dores dengan cara medley, ia menemukan hal unik tersebut.

"Eh, masuknya mulus bener. Karena melodi dasarnya sama. Dia seperti membawakan satu lagu dipanjangin, tapi liriknya beda."

3 dari 5 halaman

Dikritik karena pindah ke jalur pop

4. Dikritik karena pindah ke jalur pop

Deddy Dores mengawali karir di ranah musik rock. Bersama Rhapsodia, God Bless, dan Giant Step, Deddy Dores menggeber panggung dengan distorsi musik yang keras. Akan tetapi, sejak bertemu Nike Ardila, ia mencoba berpindah jalur ke Pop. Dan hal tersebut bukannya tanpa rintangan.

"Sulit sekali, karena dunia pop ini sangat njomplang dibanding kebiasaan saya manggung dengan atribut rock. Waktu itu, dengan sadar saya masuki dunia penciptaan lagu-lagu cengeng. Saya dibilang melacurkan diri. Tapi bagaimanapun, saya butuh pekerjaan itu untuk hidup," ungkap Deddy Dores suatu kali.

4 dari 5 halaman

Mencalonkan diri menjadi bupati Sumedang

5. Mencalonkan diri menjadi bupati Sumedang

Sempat beredar kabar, pria yang telah tujuh tahun vakum dari dunia musik ini kini tengah sibuk mengurus persiapan melaju sebagai Bupati Sumedang. Menurut Deddy Dores, tawaran itu telah lama datang padanya. Tapi, ia masih mempertimbangkan hal itu.

"Saya inginnya menjadi wakil tapi yang mencalonkan saya mau saya langsung jadi bupati. Saya ingin berbuat baik di usia tua ini tapi anak-anak enggak setuju. Kata mereka saya mending gini saja tenang. Itu yang bikin saya bingung," jelasnya seperti dikutip dari salah satu media lokal.

Yang menjadi pertimbangan bagi pria yang identik dengan kacamata hitam ini yakni dirinya masih belum memahami ranah politik dengan baik. Walau demikian, ia masih mempertimbangkan tawaran tersebut karena ingin memberikan sesuatu yang terbaik di masa tuanya.

5 dari 5 halaman

Sosok yang tak pernah hitung-hitungan

6. Sosok yang tak pernah hitung-hitungan

Kepergian mantan suami membuat Dagmar Clara Sunardi terpukul. Ia mengakui, Deddy adalah sosok yang tak pernah hitung-hitungan. Sebelum meninggal, Deddy sempat berkata padanya minta dicarikan rumah yang besar.

"Saya tanya buat apa. Dia jawab, katanya untuk kumpulin anak-anak," ujar Dagmar.

Karena mengira Deddy hanya bercanda, ia pun tak merespon permintaan tersebut.Siapa sangka, kini pria tersebut telah pergi untuk selamanya. Walau demikian, ia ihklas melepas kepergian mantan suaminya itu.

"Untuk almarhum Kang Deddy, saya percaya segala sesuatu yang telah diberikan oleh kamu ke saya, anak dan almarhum papa, saya merasa sangat berterima kasih," tutur Dagmar.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini