Sukses

Fakta Unik Sepak Bola: Jadi Agama Baru hingga Skor Tertinggi

Tak hanya menjadi olahraga, sepak bola telah melahirkan agama baru! Apa fakta unik lainnya tentang sepak bola?

Citizen6, Jakarta - Sepak bola adalah olahraga yang telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Ini sekaligus membuatnya menjadi olahraga paling populer di dunia.

Sejarah panjang sepak bola konon dimulai sejak abad 2 dan 3 SM di Tiongkok. Berkembang menjadi cabang olahraga, sepak bola modern di Inggris dilengkapi dengan beragam peraturan. Kini sepak bola menjadi olahraga favorit hampir di seluruh penjuru bumi yang melahirkan fanatisme penggemarnya.

Berikut fakta-fakta unik tentang sepak bola yang melibatkan fanatisme penggemarnya, yang dilansir dari Deutsche Welle, Jumat (20/5/2016).

1. Agama Baru

Iglesia Maradoniana adalah satu “agama” yang diciptakan oleh para fans legenda sepak bola Argentina Diego Maradona. Agama ini lahir pada 30 Oktober 1998, pada hari ulang tahun Maradona ke-38, di Rosario, Argentina. Iglesia Maradoniana bisa dianggap sebagai sinkretis atau agama, tergantung bagaimana orang mendefinisikan agama. Demikian dikatakan Alejandro Verón, salah seorang pendiri "agama" ini.

2. Siaran Langsung via Televisi Pertama

Pertandingan antara tim Arsenal utama dan Arsenal 2 pada 16 September 1937 menjadi pertandingan sepak bola pertama yang disiarkan secara langsung di televisi. Sementara pertandingan antara Inggris melawan Skotlandia, pada 9 April 1938, menjadi pertandingan internasional pertama yang dapat disaksikan secara langsung di televisi.

Tak hanya menjelma menjadi agama baru, sepak bola juga mencatatkan rekor gol terbanyak 36-0! Bagaimana pertandingannya? Simak juga empat fakta menarik lainnya dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Simak juga video wawancara dengan Presiden Joko Widodo tentang sepak bola Indonesia berikut ini,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.