Sukses

Gajah Disiksa, Yayasan Peduli Binatang Gugat Pemilik Taman Satwa

Kelompok pecinta binatang yang mengatasnamakan Scorpion Wildlife Trade Monitoring terkejut ketika melakukan pemantauan di Taman Margasatwa Kinantan Bukit Tinggi. Dari pantauan itu, mereka menemukan seekor gajah dengan kondisi dua kaki dirantai hingga membatasi ruang geraknya.

Dari realese yang dikirimkan, Investigator Scorpion, Marison Guciano mengatakan kedua kaki gajah tersebut dirantai sepanjang hari. Ia menilai, hal itu merupakan bentuk penyiksaan gajah.

Tidak disebutkan apa motivasi kebun binatang merantai gajah tersebut, yang pasti gajah itu terlihat menderita. "Dan itu membuat gajah terlihat tertekan," ujarnya. Gajah diikat kakinya

Oleh karena itu, pihaknya menggugat pemilik Taman Margasatwa dengan tuntutan Lima Bebas, yakni satwa bebas dari rasa lapar, bebas dari ketidaknyamanan, bebas dari sakit, bebas untuk mengekspresikan perilaku normal, dan bebas dari ketakutan serta rasa tertekan.

Morrison mengatakan, hampir semua kebun binatang yang ia kunjungi terdapat satwa yang masih mengalami penyiksaan. “Sebuah kebun binatang yang baik akan fokus pada konservasi dan pendidikan. Tidak untuk mencari uang dari menghibur pengunjung semata,” tutur Marison.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.