Sukses

Ternyata Sungai Baubau Punya 60 Nama Berbeda

Aliran sungai yang berlokasi di Baubau, Sulawesi Tenggara ternyata mempunyai 60 nama yang berbeda-beda.

Citizen, Jakarta Tiap sungai mempunyai nama yang berbeda, salah satunya sungai Baubau. Kamu pasti akan terkejut, aliran sungai yang berlokasi di Baubau, Sulawesi Tenggara ternyata mempunyai 60 nama yang berbeda-beda.

Sungai yang mempunyai 60 nama ini berdasarkan etnis yang ada di Pulau Buton. Hal tersebut diungkapkan peneliti dari Lembaga Pembina Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mustafa.

Pulau Buton dihuni banyak suku mempunyai bahasa daerah masing-masing. Konon, suku-suku yang tinggal di sepanjang aliran sungai memberikan nama sungai dengan bahasa daerah masing-masing. Setelah dilakukan penelitian, Mustafa ikut terkejut, sungai Baubau mempunyai 60 nama.

Sungai Baubau

Adanya 60 nama sungai Baubau ini rupanya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Hingga kini warga Buton masih menggunakan 60 nama sungai tersebut.

Tanda-tanda kehidupan orang Buton zaman dahulu ditemukan di sepanjang aliran sungai Baubau, seperti makam dan cerek yang sudah menjadi batu.

Penasaran kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini