Sukses

Mantap, Kolaborasi Seni Rupa dan Sastra Mahasiswa Unhasy

Pameran seni rupa dipamerkan di lorong pintu masuk kegiatan diskusi sastra-peluncuran buku “Cerita Rantau di Balik Senja”

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Hasyim Asy’ari memang cukup kreatif dan inovatif. Ke dua program studi itu bergabung mengangkat tema bertajuk “Art Exhibition & Literature #1”

Dalam acara ini mereka membagi menjadi tiga persembahan: (a) pameran seni rupa dwimatra dan trimatra, (b) diskusi sastra dan peluncuran buku “Cerita Rantau di Balik Senja” karya anak PBSI 2014, (c) monolog “Surat Kepada Orang Terkasih” karya Taufan S. Candranegara. Acara dibuka oleh pembantu rektor II, Drs. H. Muhsin, M.Ag berlangsung cukup meriah dan berjalan cukup sukses. Para peserta dihadiri dari berbagai kalangan, mulai akademisi, mahasiswa, seniman Jombang, santri, sastrawan Jombang, budayawan Jombang, dan penyair Jombang.

Pameran seni rupa dipamerkan di lorong pintu masuk kegiatan diskusi sastra-peluncuran buku “Cerita Rantau di Balik Senja”

Pembicara dalam kegiatan ini (23/05/2016) mengundang Prof. Dr. H. Haris Supratno dan Binhad Nurrohmat kemudian dimoderatori oleh Farid (ketua PBSI Unhasy). Tempat dilaksanakannya kegiatan di Kampus B Unhasy Tebuireng Jombang pukul 14.00-16.30.

Pameran seni rupa dipamerkan di lorong pintu masuk kegiatan diskusi sastra-peluncuran buku “Cerita Rantau di Balik Senja” karya anak PBSI 2014 dan monolog “Surat Kepada Orang Terkasih” karya Taufan S. Candranegara. Ada puluhan seni rupa dwimatra dan trimatra terpampang di dinding-dinding dengan background hitam, menjadikan suasana semakin hidup dan terkesan artistik.

Pameran seni rupa dipamerkan di lorong pintu masuk kegiatan diskusi sastra-peluncuran buku “Cerita Rantau di Balik Senja”

Sedangkan acara diskusi sastra, peluncuran buku, dan monolong terjadi dalam satu tempat. Sebelum acara diskusi sastra dan peluncuran buku dimulai, rangkaian kegiatan dihibur oleh monolong mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2013.

Di sela acara diskusi sastra dan peluncuran buku, mahasiswa banyak yang membacakan puisi-puisinya untuk menghidupkan suasana. Pada akhir rangkaian acara para tamu undangan, seperti Binhad Nurrohmat, Mbah Tohir, Zen Sugendal, Andhi Setyo Wibowo membacakan puisi dengan lantang, menghipnotis penonton lainnya memberikan applause.

Penulis:

Agus Sulton, Dosen PBSI Unhasy Jombang

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini