Sukses

Dibelikan Bensin, Video Viral tentang Kebaikan yang Menular

Sebuah video eksperimen sosial Bayarin Bensin Orang Lain yang menjadi viral dan perbincangan di media sosial

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak muda Bandung penasaran, apa yang terjadi jika tiba-tiba seseorang dibayari bensin oleh orang yang tidak dikenal? Ucapan terima kasih, cuek, atau kebaikan menular yang didapat?

Situs penggalangan dana KitaBisa memprakarsai sebuah eksperimen sosial tentang kebaikan yang menular. Video ini segera menjadi viral dan dibagikan 61 ribu kali. Tak hanya itu, video berdurasi tiga menit ini diputar tayang lebih dari 1.600 kali dan dikomentari viral lebih dari 1.400 netizen.

Dengan mengambil sudut pengambilan gambar di sebuah pom bensin Kota Bandung, video ini dibuka dengan seorang pemuda membelikan bensin untuk pengendara motor yang ada di belakangnya.

Setelah beberapa orang yang dibelikan bensin mengucapkan terima kasih, ternyata satu pengendara motor melakukan lebih dari itu. Tak hanya mengucap terima kasih, ia memberi pelukan, dan juga membelikan bensin untuk pengendara lain di belakangnya.

"Ini berhubung saya dibayarin motor depan, saya bayarin yang bapak aja ya?" kata seorang pria kepada orang di belakangnya.

Netizen mengapresiasi video viral eksperimen sosial ini dan mengunggah beragam pendapat. Melalui akun media sosialnya, Tyas Nastiti percaya bahwa "kebaikan menular".

Netizen lain pun mengunggah pendapat yang sama.

Liputan6.com melalui sambungan telepon menghubungi, Vikra Ijas, salah satu pendiri KitaBisa dan berbincang tentang video eksperimen sosial: Bayarin Bensin Orang Lain.

"Pesan utama kami masih banyak orang-orang baik di sekitar kita. Satu tindakan baik niscaya akan menularkan dan melahirkan tindakan baik lainnya," kata Vikra Ijas.

Menggunakan kamera tersembunyi, dibutuhkan waktu tiga hari dan membayari beberapa pengendara moto tim KitaBisa ingin mendapat jawaban sebuah pertanyaan, yakni apakah kebaikan bisa segera menular?

"Kami harus mengambil beberapa kali (video-red) sampai akhirnya mendapatkan orang yang meneruskan rantai kebaikan ini. Alhamdulillah sekalinya dapet langsung dua orang sekaligus, yang terus bayarin (pengendara-red) belakangnya," katanya.

Pesan melalui video viral yang digagas KitaBisa ini semakin bergulir. Tak hanya melalui media sosial Facebook, Sahabat Liputan6 juga dapat berkomentar di Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan ini.

"Kitabisa.com sebagai website untuk menggalang dana dan donasi online fokus menghubungkan orang-orang baik di Indonesia dan seluruh dunia untuk bergotong royong secara digital membuat perubahan baik untuk masyarakat," pungkasnya.

Artikel rekomendasi :

Merasa Hidupmu Sulit? Belajarlah Dari Gadis Yang Hidup Dalam Ember Ini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.