Sukses

10 Kebiasaan Buruk Ini Membunuh Ponselmu Perlahan

Ada beberapa kebiasaan buruk ternyata yang dapat merusak dan membunuh ponsel Anda secara perlahan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel telah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Meski tiap ponsel memang memiliki jangka waktu pemakaian, namun beberapa kebiasaan buruk ternyata dapat mempersingkat usia ponsel yang Anda miliki. Apa saja?

Dilansir dari Todayupfeed, Selasa (14/06/2016), berikut 10 kebiasaan buruk yang dapat membunuh ponsel Anda secara perlahan.

1. Menguras baterai ponsel Anda

Kebanyakan ponsel memiliki baterai lithium-ion dengan siklus hidup yang terbatas. Jika Anda terus-menerus menguras baterai telepon sampai 1% sebelum pengisian, hal ini akan mengurangi siklus hidup baterai ponsel yang Anda miliki.

2. Meletakkan ponsel di tempat dengan suhu yang drastis

Anda tentu sangat jarang meninggalkan ponsel Anda terletak begitu saja. Namun bila harus ditinggalkan, jangan letakkan ponsel di tempat bersuhu di bawah 0 derajat selsius dan di atas 35 derajat selsius. Hal ini dapat menjadi penyebab kerusakan permanen pada handset.

3. Maksimalkan ruang penyimpanan di ponsel

Ponsel Anda membutuhkan ruang penyimpanan ekstra agar sistem operasi terus berfungsi. Tidak menggunakan ruang penyimpanan ekstra akan membuat ponsel mengalami lag. Hindari hal ini dengan mem-back up konten telepon Anda secara teratur di komputer atau di cloud.

4. Meninggalkan ponsel di kamar mandi

Anda sering meninggalkan ponsel di kamar mandi? Hal ini dapat merusak ponsel secara perlahan. Uap di kamar mandi dapat meresap ke dalam ponsel dan mengembun menjadi air yang mungkin menjadi korsleting hardware.

5. Terus-menerus menjatuhkan ponsel Anda

Tidak peduli seberapa baik casing pelindung ponsel, menjatuhkannya terlalu sering akan memengaruhi hardware internal. Bersyukurlah jika hanya layar yang retak. Bila sedang tidak beruntung, kerusakannya dapat lebih parah dari itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

6. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Anda sering membuka banyak aplikasi di saat yang bersamaan dan membiarkannya berjalan di latar belakang? Hal ini menyebabkan ponsel Anda mesti bekerja keras untuk menyediakan RAM tambahan dan tentunya menguras baterai ponsel.

7. Tidak pernah mematikan ponsel

Seperti manusia, ponsel Anda juga perlu istirahat sekali-sekali. Menggunakannya secara nonstop dapat mempersingkat hidup baterai dan mengurangi kinerjanya.

8. Pengisian semalaman

Kebanyakan ponsel pintar dapat memotong pasokan listrik ke baterai setelah terisi penuh. Namun, baterai lithium-ion tidak baik terhadap panas yang tinggi. Saat Anda meninggalkan ponsel dicas semalaman, overheating dapat terjadi dan mengurangi masa pakai baterai.

9. Mengandalkan data selular

Jika Anda hanya menggunakan paket data untuk konektivitas internet, sebaiknya Anda memikirkannya kembali. Menggunakan Wi-Fi nyatanya dapat mengurangi konsumsi energi yang membantu membuat baterai bertahan lebih lama.

10. Membersihkan ponsel dengan produk pembersih rumah tangga

Ada alasan mengapa diciptakan pembersih khusus untuk ponsel. Bahan kimia dalam pemutih atau deterjen dapat merusak lapisan pelindung yang terdapat di layar ponsel Anda.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.