Sukses

10 Makna Senyum bagi Orang Rusia

Dingin, angkuh, dan pelit senyum. Tiga kata itu melekat untuk menggambarkan orang Rusia. Mereka juga mempunyai makna simbolis senyuman.

Liputan6.com, Jakarta Senyum adalah bahasa universal. Ungkapan ini agaknya harus dikoreksi saat berada di Rusia, negara Adidaya yang dulu bernama Uni Sovyet. Orang Rusia punya reputasi sebagai orang yang tegas dan serius.

Saking seriusnya, jarang senyum tersemat di bibir mereka. Sebenarnya, sama seperti penduduk belahan dunia lain, orang Rusia tentu saja tersenyum. Namun, senyum mereka memiliki makna yang berbeda dalam situasi yang berbeda-beda pula.

Iosif Sternin, dari Universitas Negeri Voronezh di Rusia melalui laman Russia Beyond The Headlines menuliskan 10 jenis senyum orang Rusia. Sebagai Kepala Departemen Linguistik Umum dan Gaya Bahasa di Rusia, Iosif Sternin mengungkapkan makna simbol dari senyuman orang Rusia.

Ini bertujuan agar pelancong yang mengunjungi negara Rusia tak salah memahami makna senyuman penduduk setempat. Berikut pendapatnya.

Selama berabad-abad, kehidupan sehari-hari di Rusia merupakan perjuangan berat demi bertahan hidup. Menjadi rakyat Rusia sangatlah melelahkan, dan kekhawatiran yang melekat menjadi suatu ekspresi wajah yang standar.

1. Senyum dikulum

Orang Rusia sering kali hanya tersenyum dengan bibir mereka. Kadang-kadang, mereka menunjukkan sedikit baris gigi atas. Memperlihatkan gigi atas dan bawah saat tersenyum dianggap vulgar karena dianggap menyerupai seringai hewan atau kuda.

2. Senyum seorang "hamba"

Dalam komunikasi Rusia, senyum bukanlah sinyal kesopanan. Terus-menerus tersenyum sopan dianggap orang Rusia sebagai “senyum seorang hamba”. Hal ini dianggap sebagai bentuk ketidaktulusan, kerahasiaan, dan keengganan untuk menunjukkan perasaan seseorang yang sebenarnya.

Simak selanjutnya dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Jelajah Tempat Bebas Telanjang di Jerman

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.