Sukses

Taman Sari : Masjid Bawah Tanah dan Pemandian Selir Raja Yogya

Tak lengkap bila berkunjung ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Taman Sari. Tempat bersejarah ini menawarkan keelokan pemandian selir raja.

Liputan6.com, Jakarta Sudah kenal dengan Taman Sari Yogyakarta? Tempat tinggal para putri dan selir-selir raja ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Taman Sari dahulunya merupakan sebuah taman istana yang sangat megah, dan dibangun pada jaman Sri Sultan Hamengku Buwono 1 (1758-1765).

Yang menarik dari Taman Sari sudah bisa dilihat ketika akan masuk ke dalam komplek, pengunjung bakal disuguhkan gapura besar dengan ukiran unik dan sangat cantik.

Setelah melewati gapura, bakal menemukan kolam renang yang sangat jernih. Menurut cerita, kolam renang ini merupakan tempat mandi para putri dan selir-selir raja.

Konon, dahulu putri dan selir raja mandi di kolam pemandian Taman Sari Yogyakarta ini. Foto : @cikinong | Forum Liputan6

Masih ada lagi yang sangat istimewa di Taman Sari Yogyakarta ini, yakni Masjid Bawah Tanah. Untuk menuju masjid bawah tanah, pengunjung harus berjalan ditengah tempat penduduk dan lorong-lorong panjang.

Tidak seperti bangunan masjid pada umumnya, masjid bawah tanah Taman Sari berbentuk lingkaran, dimana bagian tengah lingkaran terdapat sumur yang sering diebut dengan sumur gumuling.

Simak blog keren Taman Sari Yogyakarta yang ditulis @cikinong di Kanal Travel Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Demi Negara, Warga Belarusia Telanjang Saat Bekerja

Berniat Selamatkan Nyawa, Polisi Malah Selamatkan Boneka Seks

Setelah Bercerai, Pria Ini Jatuh Cinta dengan Boneka Seks

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.