Sukses

Papakha, Topi Sakral yang Pantang Lepas dari Kepala

Di Indonesia, papakha disebut sebagai topi Rusia. Bentuknya yang menjulang tinggi seolah identik dengan orang Rusia.

Liputan6.com, Rusia - Papakha, penutup kepala yang satu ini di Indonesia dikenal sebagai topi Rusia. Tidak salah, karena model papakha menjadi bagian dari seragam tentara negeri beruang merah itu. Tak hanya digunakan oleh tentara, papakha juga banyak digunakan warga Eropa Timur untuk melawan sengatan udara dingin.

Di Indonesia, beberapa pesohor kerap memakai papkha sebagai bagian dari mode. Musisi Ahmad Dhani, dan pemain gitar Jonathan Pieter Amstrong alias Jono GBS beberapa kali terlihat mengenakan papkha saat tampil bermusik.

 Tak hanya unik, topi papkha juga memiliki cerita panjang. Dilansir dari laman rgu.ru, bagi orang Cossack dari Kaukasus, papakha merupakan simbol harga diri. Topi ini tak boleh lepas dari kepala, jatuh, apalagi hilang. Ungkapan populer mereka menyebutkan, topi ini hanya akan tanggal saat kepala pemakainya dipenggal.

Adat suku Cossack hanya mengizinkan seorang pria melepas papakha dari kepalanya dalam situasi khusus, seperti saat hendak mengakhiri perseteruan berdarah dalam keluarga. Tak hanya dikenakan priaUnik bukan? Simak kelanjutan artikel dan videonya dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Intip, Resep Kecantikan Alami Perempuan Rusia

Tanpa Lengan, Model Cantik Rebekah Marine Pukau Ratusan Orang  

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.