Sukses

Soal Kudeta Turki, Erdogan Unggah Video Haru di Facebook

Merasa lambang negara melorot dari tiang, seluruh warga Turki dari berbagai golongan berbondong-bondong menuju pusat kota.

Liputan6.com, Jakarta Video ilustrasi tampaknya telah dibuat oleh videografer Turki untuk mengenang peristiwa kudeta beberapa hari lalu. Video itu menggambarkan betapa besar kecintaan dan kesetiaan rakyat Turki kepada negaranya.

Dalam video itu dikisahkan, seseorang berupaya menurunkan bendera Turki dari pusat kota. Merasa lambang negara melorot dari tiang, seluruh warga Turki dari berbagai golongan berbondong-bondong menuju pusat kota. Mereka bahu-membahu menaiki tiang bendera dan menarik tali sehingga bendera kembali berkibar.

Video berdurasi hampir dua menit itu diunggah di akun Facebook resmi Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dengan menuliskan tagline, "Semua orang bersatu. Turki tak terkalahkan."

Netizen menilai, video itu sangat menyentuh untuk menggambarkan kecintaan dan kesetiaan warga Turki kepada negara dan pemimpinnya. Seorang netizen dengan akun bernama AbdaRazaq menulis, "A great country, a great President."

Sejak diunggah, video itu kini telah disaksikan jutaan pasang mata, dibagikan lebih dari 200 ribu dan banjir komentar hingga puluhan ribu.

Untuk diketahui, pekan kemarin, sebagian militer Turki mengudeta pemerintahan sah Erdogan. Militer mencoba merebut kantor-kantor penting pemerintahan Turki. Namun atas perintah sang presiden melalui sambungan telepon dan video, rakyat Turki turun ke jalan guna mempertahankan kedaulatan negaranya. Dikabarkan lebih dari 180 orang tewas dalam insiden kudeta tersebut.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini