Sukses

Mengabdi di Negara Lain, 5 Orang Berdarah Indonesia Ini Terkenal

Karena mengabdi di negara lain, orang-orang berdarah Indonesia ini justru terkenal di luar negeri

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, yang seringkali kita dengar adalah orang Indonesia yang membuat bangga NKRI di luar negeri. Namun tahukah Anda, banyak pula orang-orang asing yang memiliki hubungan darah dengan Indonesia menduduki jabatan penting di negara mereka. Siapa saja? Berikut di antaranya.

1. Paul Sumohardjo, Ketua Parlemen Suriname

Siapa sangka, seorang pria berdarah Indonesia bisa menduduki kursi parlemen di negara lain. Paul Sumohardjo, dari namanya saja sudah jelas ia memiliki ikatan dengan negara Indonesia. Pria keturunan Jawa ini menjabat sebagai Ketua Parlemen Suriname dari tahun 2005-2010.

Meski tidak bisa berbahasa Indonesia, Paul mengaku masih bisa berbahasa Jawa kasar. Paul juga pernah mengundang beberapa penyanyi Jawa untuk tampil di Suriname.

2. Ahmad Zahid Ahmadi, Menteri Dalam Negeri Malaysia

Meski lahir dan besar di Malaysia, siapa sangka menteri Malaysia ini memiliki kakek dan nenek yang berasal dari Kulon Progo dan Ponorogo. Sang kakek hijrah ke Malaysia sejak tahun 1932. Sebagai bukti darah Indonesia mengalir di dirinya, ia mampu berbahasa Jawa secara lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yusof Ishak, Presiden Pertama Singapura

3. Yusof Ishak, Presiden Pertama Singapura

Dalam bidang perpolitikan Singapura, Yusof Ishak menjabat sebagai Presiden Singapura dari tahun 1965 sampai tahun 1970. Ayah beliau merupakan seorang pria berdarah Minang yang merantau ke Perak sewaktu Yusof masih kecil.

4. Richard Rakotonirina, Pejabat Militer Madagaskar

Pria yang satu ini terkenal di Madagaskar dan memiliki arayh yang berasal dari Indonesia. Merasa memiliki ikatan kuat dengan Indonesia, pria ini sangat bersemangat mengikuti tugas apapun yang berkaitan dengan Indonesia. Sebagai bukti, ia turut serta dalam Kongres Diaspora pada tahun 2013 lalu di Jakarta.

5. Kristina Virginia Besouw, Tentara Amerika Serikat

Meski mungkin belum seterkenal nama-nama di atas, namun keputusan Miss Indonesia 2016 ini untuk pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat dapat dibilang berani. Ia malahan telah tergabung dalam US Army. Berdasarkan pengakuannya dalam foto-foto yang ia unggah di Instagram, ia merasa bangga dengan pekerjaannya sebagai tentara di sana.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini