Sukses

40 Tahun Sendirian di Gua, Kakek Tua Ini Tak Kesepian

Seorang kakek tua sanggup hidup bertahan di alam liar dengan tinggal di dalam gua selama 40 tahun. Bagaimana kisahnya?

Liputan6.com, Jakarta - Pedro Luca telah tinggal di sebuah gua di utara Argentina selama 40 tahun. Pria berusia 79 tahun ini bertahan hidup tanpa air yang mengalir maupun listrik dalam sebuah gua di ketinggian gunung di Provinsi Tucuman Utara.

Saat ia merasa lapar, ia akan mengambil senapan dan pergi berburu atau berjalan selama tiga jam ke tempat terdekat. Sungai merupakan sumber air utamanya. Pedro tinggal di gua tersebut bersama 11 ekor ayam jantan dan dua ekor kambing yang berkeliaran di gunung pada siang hari serta kembali ke tempatnya pada malam hari.

Setiap pagi, ia dibangunkan oleh alarm kokok ayam. Pedro kemudian memulai harinya dengan membuat api. Ia telah menjadi legenda di San Pedro de Colalo dan semua masyarakat di tempat tersebut mengenalnya. Terkadang, masyarakat memberikan makanan dan barang-barang padanya.

- 

Adakalanya, ia turun gunung untuk membeli lilin, ragi, dan jagung dengan dana pensiun dari pemerintah. Peralatan berteknologi yang ia miliki hanyalah sebuah radio dengan baterai kecil. Radio tersebut harus ia hubungkan dengan garpu tala agar mendapat sinyal di tempat tersebut.

Pedro berjalan tiga jam tiap hari, mendaki gunung yang curam untuk mencapai guanya. Meski tampaknya berat, tapi Pedro tampak cukup kuat untuk seseorang yang usianya hampir mencapai 80 tahun. Ia mengatakan kalau sejak kecil ia memang telah dibesarkan di alam liar. Kakeknyalah yang mengajarkan dia untuk bertahan hidup di alam liar.

- 

"Aku tidak pernah bertanya pada diriku sendiri mengapa aku memilih tinggal di sini. Aku hanya menyukai tinggal jauh dari kebisingan," ujar Pedro saat ditanya alasannya tinggal di gua.

Pedro menambahkan, ada kalanya ia berpikir untuk mencoba melakukan perjalanan keliling dunia, ke Eropa misalnya. Namun ia tahu, usianya sudah terlalu tua untuk melakukan perjalanan tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini