Sukses

Jalani Operasi Otak, Dokter Suruh Pasiennya Main Biola

Sang dokter mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pertama baginya mengoperasi pasien yang memainkan instrumen musik selama proses operasi

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita bernama Naomi Elishuv menjalani operasi pada otaknya sambil bermain biola. Hal ini tidak lazim dilakukan, karena pada umumnya orang yang menjalani operasi pasti diberikan suntikan bius oleh sang dokter dan pasien tidak sadarkan diri.

Dikutip dari Russia Today, ternyata sang dokter yang menyuruh Naomi untuk bermain biola selama proses operasi. Hal ini dilakukan guna mengetahui secara langsung bagian syaraf mana yang rusak.
Sang dokter mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pertama baginya mengoperasi pasien yang memainkan instrumen musik selama proses operasi berlangsung.

“Bermain biola saat Naomi menjalani operasi sangatlah penting, kami harus menempatkan sebuah elektroda yang mampu mengurangi getaran pada tangannya. Oleh karena itu kami membutuhkan partisipasi langsung, dengan cara tersebut,” ujar Profesor Yitzhak Fried, selaku dokter yang menangani Naomi.

Ia menambahkan walau operasi berjalan cukup menegangkan, namun Fried merasa senang karena dapat mendengarkan konser pribadi dari seorang musisi berbakat.

Sejatinya, Naomi Elishuv merupakan pemain biola profesional di Lithuanian National Symphony Orchestra. Tetapi, sejak 20 tahun silam ia berhenti bermain biola karena sering merasa gemetar. “Aku ingin bermain musik lagi. Memberikan tanda tangan dan bahkan minum teh tanpa harus tumpah,” ujarnya.

Akhirnya, Naomi memutuskan untuk melakukan operasi di Israel. Kini Naomi dapat kembali bermain biola seperti biasa. Saksikan video operasi Naomi sambil bermain biola berikut ini:

 

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

@sandripamela

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini