Sukses

9 Tempat Unik di Pacitan Ini Mesti Kamu Kunjungi

Belum datang ke Pacitan namanya kalau belum datangi sembilan tempat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Dieng dikenal dengan kota seribu candi. Maka, Pacitan dikenal dengan nama kota seribu satu goa. Wiihhh, keren banget kan?! Kota seribu satu goa nggak sembarang disematkan untuk Pacitan. Goa-goa yang ada di daerah ini mengundang takjub hanya melihat foto saja, apalagi kalau berkunjung langsung. Barangkali ada hal unik lain di Pacitan yang selama ini terlewatkan oleh kita.

Pemandangan alam di Pacitan sungguh luar biasa indahnya. Saya pun tertarik untuk berlibur di kota kelahiran SBY ini. Di Pacitan, saya bisa memilih untuk wisata goa, wisata pantai atau wisata pemandian air hangat. Berdasarkan data dari dinas pariwisata Pacitan, sekurangnya ada 17 wahana wisata pantai di sepanjang pesisir selatan Pacitan yang lokasinya berdekatan atau sering dilewati lewat jalur lintas selatan.

1. Goa Gong, stalaktit dan stalagmit yang paling memukau se-Asia Tenggara

Percaya nggak percaya goa ini ada di negara kita loh! Jika kamu sering menonton film Hollywood dan ada pemandangan ini, nggak usah iri deh, kita punya kok dan jauh lebih elok.

Goa gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung yang berjarak kurang lebih 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 700-800 meter. Konon, goa ini dinamakan goa gong karena masyarakat sekitar kerap mendengar suara gema tabuhan seperti gong dari dalam goa. Menyusuri goa ini, kamu akan menemukan tujuh ruangan besar yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Contohnya, di salah satu ruangan ada batu uni yang jika kamu tabuh akan mengeluarkan suara seperti gong. Di ruangan lain, kamu bisa menemui Sendang Bidadari yang airnya jernih.

Jika selama ini goa identik dengan gelap, maka singkirkan pikiran itu dan simpanlah senter ketika kamu datang ke goa ini. Sepanjang jalan di dalam goa ini sudah terpasang lampu temaram yang menciptakan efek gradasi warna di dinding goa. Nah, kalau kamu jalan di dalam goa ini harus hati-hati ya, karena air yang menetes bikin jalan menjadi licin. Tapi, kamu nggak perlu khawatir lebih karena jalan setapak yang dibangun sudah dilengkapi pagar pembatas, gunanya biar kamu nggak sembarang menginjak bagian goa.

2. Mau uji nyali masuk ke perut bumi? Ke Goa Luweng Jaran saja!

Namanya juga kota seribu satu goa, jadi nggak heran deh bakal banyak ketemu goa-goa dari level biasa hingga menakjubkan!

Untuk goa satu ini, barangkali bisa dikhususkan bagi kamu yang suka tantangan. Konon, panjang goa Luweng jaran ini 48 km. *pijit kaki* Itulah mengapa disebut perjalanan menuju perut bumi. Sepanjang jalan, kamu bisa menikmati ornamen unik yang terbentuk secara alami. Sayangnya, goa ini nggak berwarna kayak goa gong.

Berkunjung ke goa ini, kamu harus siapkan tenaga, air yang cukup banyak dan mental pastinya!

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.