Sukses

'Masa Depan, Hari Ini, dan Dulu' di Pesta Seni Jogja

Tahun ini, Festival Kesenian Yogyakarta memasuki penyelenggaraan tahun ke-28 yang mengusung tema 'Masa Depan, Hari Ini Dulu'.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tahun ini, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) telah memasuki usia ke–28. Festival seni yang akan diselenggarakan pada 23 Agustus sampai 9 September 2016 tahun ini mengambil tempat di Taman Kuliner Condongcatur, Sleman, Yogyakarata. Tampil berbeda dari sebelumnya, FKY mengusung tema 'Masa Depan, Hari Ini Dulu'.

Melalui rilis di situs InfoFKY, seniman yang berpartisipasi mengusung tema melalui ragam acara seni budaya mengambil tema 'Masa Depan, Hari Ini Dulu' mencoba melihat dari suatu masa, dengan fenomena kebudayaan sebagai titik acu ide.

Festival Kesenian Yogyakarta akan dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada 23 Agustus 2016 di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Untuk memeriahkan upacara pembukaan ini, digelar pula pawai yang diikuti oleh kurang lebih 30 kontingen yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota di DIY.

Diharapkan, pawai budaya yang menyusuri Jalan Malioboro dan berakhir di Taman Budaya Yogyakarta menjadi atraksi budaya yang menarik wisatawan. 

Tahun ini FKY menjadi lebih spesial karena melibatkan AusIndoArch, sebuah program yang diinisiasi oleh seniman Australia, Andrea Nield, yang bertujuan mengembangkan hubungan erat antara Australia dan Indonesia di bidang arsitektur.

Ini adalah kali ketiga program tersebut dijalankan dengan melibatkan enam kelompok mahasiswa Australia dan Indonesia. Eko Prawoto dan Cave Urban sebagai mentor kelompok ini akan menampilkan desain dan membuat konstruksi untuk beberapa macam objek termasuk instalasi, gerbang utama, bangku, dan beberapa objek-objek lain yang dimanfaatkan selama perhelatan.

Simak kelanjutan di blog keren yang diunggah oleh @cikinong di Forum Liputan6 dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Penulis : Siti Nuraini Safitri - Universitas Pancasila

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.