Sukses

Karnaval Danau Toba Tak Kalah Seru dengan Olimpiade Rio

Selain ajang Olimpiade di Rio, Brasil, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 juga mencuri perhatian publik.

Liputan6.com, Jakarta Selain ajang Olimpiade di Rio, Brasil, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 juga mencuri perhatian publik domestik dan mancanegara. Hal itu karena KKPDT tahun ini akan dihelat dengan serangkaian kegiatan menarik seperti konser akbar band kenamaan Indonesia, Karnaval Budaya, dan Pesta Rakyat. Tiga aktivitas besar itu akan digelar di tiga titik paling eksotis di Danau Toba, yakni Pantai Apung, Balige, dan Toba Samosir.

Ketua Panitia KKPDT 2016, Preimta Fifi mengatakan acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan, perhelatan ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama wisata Indonesia.

"Kapasitas penonton di Balige diperkirakan akan mencapai 20 ribu hingga 30 ribu orang, lalu di Pantai Bebas ada, 30 ribu hingga 40 ribu orang,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (17/8/2016).

Dalam konferensi pers di Hotel Parapat, Catharina menjelaskan Danau Toba adalah satu dari 10 destinasi top yang populer dengan sebutan “Bali Baru” selain Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jateng, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Ibu Negara dijadwalkan akan mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dengan mengenakan pakaian adat Batak, ulos yang dirancang oleh desainer andal Edward Hutabarat.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya optimistis KKPDT akan menjadi perhelatan akbar yang memukau dunia. Sebab, Kementerian Pariwisata telah memilih putra-putri terbaik Indonesia mulai dari artis, koreografer, desainer, penggagas kreatif, promotor, dan pengisi acara untuk menyukseskan acara tersebut.

Sementara ini telah tercatat sembilan stasiun televisi baik nasional maupun internasional meliput dan meramaikan KKPDT 2016. Selain itu sekitar 75-100 media dari Ibu Kota juga hadir untuk mengekspos keindahan alam dan budaya di kawasan danau terluas dan terdalam di Asia.

Anda juga dapat turut meramaikan kegatan ini di media sosial dengan tagar #KKPesonaToba2016. (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini