Sukses

Lansia Mengemis untuk Lunasi Utang 12 Tahun Keluarganya

Liputan6.com, Jakarta Seorang perempuan lanjut usia menempuh jarak ratusan kilometer menuju kuil di Delhi. Bukan untuk berdoa, ia mengemis demi membayar utang keluarga.

Setiap Senin pagi, Pammi Devi (68) menumpang kereta Satyagraha Express menempuh jarak 454 kilometer dari Sitapur, Barat Uttar Pradesh. Ia kemudian turun di Stasiun Old Delhi lalu melanjutkan perjalanan menaiki bus menuju Kuil Hanowman, Chandni Chowk.

Hindustantimes melaporkan, ketika Pammi Devi datang sudah ada 30 perempuan lanjut usia lainnya yang telah berbaris di pelataran masuk kuil sejak pagi. Jumlah mereka akan lebih banyak pada hari Selasa dan Sabtu. Sebab pada hari itu, banyak orang melakukan ibadah di Kuil Hanowman.

Salah satu penjaga Kuil Hanowman, Geeta mengatakan perempuan-perempuan lansia itu datang dari berbagai desa di Delhi. Mereka datang dari Desa Mathura, Fatehpur, dan Sambhal. Pada hari Selasa mereka bisa mengantongi uang lebih dari 1.000 rupee atau setara Rp 200 ribu.

Tidak hanya mengemis, mereka juga disediakan tempat untuk bermalam. "Biasanya ada 20 perempuan mengajak anak-anak mereka tapi malam ini sepertinya akan lebih banyak. Mereka sebenarnya bisa tinggal di sini selama yang mereka inginkan," ujar Geeta.

"Banyak makanan di sini. Di Delhi ada cukup banyak jiwa yang baik yang menawarkan makanan untuk tunawisma setiap hari."

Bagi Pammi Devi dan puluhan lansia lainnya, mengemis adalah satu-satunya cara untuk bertahan hidup dan menghidupi keluarganya. Bahkan Pammi mengaku terpaksa mengemis untuk melunasi hutang keluarganya selama 12 tahun.

Namun hari itu, Pammi Devi hanya mendapat 57 koin dengan nominal 1 rupee, 72 koin nominal rupee, dan beberapa nominal 10 rupee. "Hari ini tidak terlalu baik, aku cuma mendapat 280 rupee," ujarnya.

"Setengah dari uang yang aku peroleh hari ini akan aku gunakan untuk membayar bunga pinjaman. Aku akan mencoba tinggal seminggu lagi, tapi aku harus kembali ke rumah. Aku selalu percaya hari esok akan lebih baik dari hari kemarin."

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini