Sukses

Akrab Sejak Kecil, Ternyata Mereka Bayi yang Tertukar

Liputan6.com, Jakarta - David Tait dan Leon Swanson, keduanya berusia 41 tahun. Keduanya sama-sama tak mampu menahan tangis saat tengah melakukan konferensi pers. Mereka diberi tahu kalau pertemanan mereka selama ini lebih dari apa yang pernah dibayangkan. Keduanya rupanya bayi yang tertukar.

David menyebutkan kalau ia mengetahui kenyataan sebenarnya setelah diberi tahu kalau ia dan sahabatnya merupakan bayi yang tertukar di Norway House Hospital pada 1975. Rumah sakit tersebut terletak di bagian barat Kanada, tepatnya di Provinsi Manitoba.

Tes DNA mengkonfirmasi kalau kedua pria ini, yang tinggal di kota kecil dengan 5.000 penduduk, adalah bayi yang tertukar. Menurut David, ia merasa marah, bingung, dan tak tahu harus bagaimana.

"Aku benar-benar ingin tahu kenyataannya. Ini tentunya akan mengubah hidup kami berdua. Ini akan menjadi cerita yang panjang," ucapnya sambil menahan isak.

Bagi David, keluarga yang membesarkannya tetap ayah dan ibunya. Namun kini ia memiliki ayah yang lain, ibu yang lain, dan saudara yang lain. Dan ia tak tahu mesti melanjutkan hidupnya seperti apa ke depannya.

Seperti dilansir dari Mirror, Senin (29/08/2016), Pemerintah Manitoba memberi tahu pada dua orang pria yang bersahabat ini kalau mereka sebenarnya tertukar pada tahun 1975, di rumah sakit yang sama. Mereka pun menjalani tes DNA.

Eric Robinson, mantan menteri Manitoba yang membantu kedua pria ini meminta pemerintah bertanggung jawab. Pemerintah tak bisa lepas tangan begitu saja karena telah menyangkut hidup dua keluarga.

"Pemerintah berutang pada mereka. Kita mungkin bisa hidup dengan satu kesalahan, tapi dua kesalahan yang serupa tak dapat diterima. Ini tindakan kriminal," tuntut dia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini