Sukses

Gadis Bercangkang Kura-Kura, Faktanya Lebih Menyedihkan

Gadis ini di-bully karena memiliki 'cangkang kura-kura,' padahal apa yang terjadi sungguh menyedihkan

Liputan6.com, Jakarta Tahi lalat yang dimiliki oleh manusia pada umumnya biasanya hanya titik berwarna hitam atau cokelat di bagian tubuh tertentu. Namun berbeda dengan gadis 10 tahun bernama Tham di Vietnam ini. Ia memiliki ukuran tahi lalat yang beda dari manusia lainnya.

Tahi lalat yang dimilikinya seberat 1 kg dan selebar 22 cm di punggungnya. Beruntungnya dokter di Rumah Sakit Anak Ho Chi Minh di Vietnam berhasil mengangkat tahi lalat tersebut dari punggung Tham melalui operasi selama 3 jam.

Wakil Direktur Rumah sakit Dao Trung Hieu mengatakan, “Pasien yang menderita nevus melanositik kongenital telah pulih beberapa jam setelah dioperasi. Tahi lalat tersebut beratnya 1,05 kg dan selebar 22 cm. Setelah dioperasi dokter menutupi area kulitnya dengan mencangkok dari kulit pahanya.”

Ada enam dokter dan lima tenaga medis yang menangani operasi pengangkatan tahi lalat tersebut. Seluruh biaya ditanggung oleh rumah sakit, jadi pasien tidak perlu khawatir mengenai biaya. Ibu dari pasien bernama Tham, yaitu Thach Thi Da Ni (34) mengatakan, “Putri saya lahir dengan tanda lahir seukuran jeruk saja dan terus berkembang dari tahun ke tahun.” 

Tham pun sampai harus putus sekolah karena selalu diejek oleh teman-temannya sebagai ‘gadis bercangkang kura-kura.' Meski begitu sedih dengan apa yang dialami anaknya dan ingin anaknya sembuh, ibu Tham tidak mempunyai biaya untuk mengobati Tham. Sampai akhirnya ada pihak rumah sakit yang bersedia menanggung seluruh biaya operasi Tham gratis. Bahkan biaya makannya pun sekaligus ditanggung pihak rumah sakit.

Penulis:

Cintia Dwi Apriliyani

Universitas Brawijaya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini