Sukses

Lagu Cinta Yura Yunita Tercipta dari Hati yang Penuh Keikhlasan

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal Yura Yunita, musikus muda pemilik suara yang lembut dan sangat khas. Tidak hanya itu, penyanyi ini mulai menulis lagu pada ulang tahunnya ke-15.

Gadis manis kelahiran Bandung ini belajar sendiri bermain piano, sambil memperkaya warna musiknya dengan jazz, blues, funk, groove, dan RnB. Merilis debut album Yura pada tahun 2014, namanya melesat di tangga lagu pada Best Album Rolling Stone Indonesia tahun 2014.

Sukses dengan lagu hitsnya, yang berjudul "Cinta Dan Rahasia", Yura menggandeng penyanyi solo ternama, Glenn Fredly. Dari situ Yura mulai meniti karier dan siap terjun di belantara musik Indonesia.

Melanjutkan kesuksesan "Berawal Dari Tatap", Yura Yunita merilis single terbaru bertajuk "Kasih Jangan Kau Pergi". Lagu ini masuk dalam jajaran soundtrack film I am HOPE, yang tayang beberapa waktu lalu. Yura Yunita berkesempatan berkunjung ke Studio Liputan6 dalam event Live Chat Streaming Forum Liputan6.com.

Dapat inspirasi dari mana saat mencipta lagu? 

Inspirasi pertama kali aku tulis lagu itu waktu aku kelas dua SMA. Kejadiannya itu lucu gitu, lihat tatapan yang indah aja, dan pas aku pulang ke rumah aku langsung tulis lagu itu sendiri pakai piano. Karena belajar musiknya juga sendiri, jadi aku bikin lagunya itu kalau aku lagi menemukan sesuatu, merasakan sesuatu, aku biasanya langsung tulis jadi lagu.

Bagaimana rasanya diajak bikin proyek setelah The Voice selesai?

Sangat tidak terduga juga. Waktu dia menawarkan diri buat album, aku speechles dan kita ternyata punya kesamaan visi dan misi. Membuat album yang tidak ada batasnya, berkreasi tidak ada batasnya, karena kerja di label belum tentu bisa mengeksplorasi musik lebih luas.

Di tahun 2011 pernah bertemu Glenn, dia cari tahu aku, tentang karakter suara aku yang punya ciri khas. Akhirnya aku ditelepon, lalu mau bikin album dan dibantu sama Glenn Fredly, itu aku tidak menyangka juga. Akhirnya kerja sama, workshop, terus buat album di tahun 2014 dan kemarin rilis. Aku sempat kaget, tapi senang.

Mau tahu dong, gimana penilaian suara Yura pas duet sama Glenn Fredly? Apa komentar dari Glenn?

Jadi sebenarnya itu duetnya dadakan, hampir selama setahun menggarap lagu di album. Waktu jadi di album, Glenn punya album yang ditulis tujuh tahun, akhirnya cocok dan kita duet bareng, itu jadi bonus deh buat aku.

Untuk pembuatannya sudah lama, proses bagi-bagi suaranya juga sangat singkat. Kita mengalir aja dengan suara kita yang sama.

Sebenarnya Yura punya ekspektasi tinggi enggak soal lagu "Cinta dan Rahasia" itu bakalan meledak di pasaran?

Tidak menyangka sama sekali, aku enggak punya ekspektasi tinggi. Aku adalah tipe orang yang bikin karya dan bikin aja dan rilis. Aku bikin lagu ikhlas mengeluarkan begitu aja, pure dari diri aku dan niat aku memang ingin bikin lagu.

Siapa musikus favorit kamu? Alasannya kenapa?

Musikus kesukaan aku Michael Jackson itu paling favorit, karena menurut aku dia itu king of pop yang semua orang tahu dan karyanya everlasting. Dia berdedikasi dengan karyanya yang dikerjakan. Pokoknya aku suka banget Michael Jackson.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Penulis : Estrin Vanadianti Lestari (Universitas Pancasila)