Sukses

Unik, Wisata Masuk Penjara, Minat Mencoba?

"Masuk ke dalam Penjara" sepertinya kata tersebut akan terdengar sangat mengerikan

Liputan6.com, Jakarta "Masuk ke dalam Penjara" sepertinya kata tersebut akan terdengar sangat mengerikan bagi kita semua. Setiap orang yang masuk penjara pasti pernah melakukan kesalahan atau tindakan kriminal. Namun tidak untuk India, salah satu penjara di sana dibuka untuk umum bagi yang ingin merasakan menjadi seorang narapidana.

Dilansir Odditycentral, Selasa (13/09/2016), District Central Jail di Sangereddy, India memberikan kesempatan yang sangat unik yaitu dapat merasakan kesempatan menjadi seorang narapidana.

"Feel the jail" merupakan inovasi yang dibuat oleh para Departemen penjara di kabupaten Telangana. Diberikan waktu selama 24 jam, mereka dapat merasakan menjadi seorang napi.

Selama tinggal disana, mereka diberikan seragam sama seperti seorang napi, peralatan makan, alat mandi dan fasilitas lainnya. Bukan hanya itu, mereka juga mengikuti setiap rutinitas yang dilakukan di dalam lapas tersebut.

Unik, Wisata Masuk Penjara,Minat Mencoba?

untuk merasakan kehidupan penjara, mereka bersedia membayar 500 rupe atau sekitar Rp. 98 ribu. Menurut Deputi SP M Lakshmi Narasimba, mereka bisa merasakan hidup dipenjara dengan 500 rupe.

"Mereka akan mengalami sebagai seorang tahanan yang nyata, mulai dari sabun yang dibuat di penjara, seragam tahanan, bahkan pemerikasaan tahanan yang dilakukan oleh petugas dan semuanya itu nyata," katanya.

Sama dengan penjara di India pada umumnya, semua tahanan akan di bangunkan pada pukul 05.00 pagi oleh dua penjaga untuk membersihkan sel dan sebayang.

Lalu pada pukul 06.30, mereka diberikan teh dan 07.30 baru semua tahanan dapat sarapan. Sementara makan siang akan diberikan pukul 10.30-11.00 yang berisi beras, dal dan sambhar. Pukul 17.00 semua tahanan dapat makan malam (Beras, kari, dan dadih).

Narapidana akan kembali ke sel pada pukul 18.00 dan akan dilepaskan keesokan harinya. Untuk memastikan tidak terjadi kesalahan pada semua penghuni lapas, beberapa petugas akan berjaga untuk mengecek keadaan penjara.

Penulis :

Rosa Febryanty Razak

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.