Sukses

Tega, Gajah Dikuliti Hidup-Hidup untuk Pengobatan dan Perhiasan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai sesama makhluk hidup, selayaknya kita melindungi dan menyayangi. Tapi, tidak di pungkiri, masih ada beberapa orang yang mengeksploitasi binatang untuk memuaskan egonya. 

Dilansir Metro, Selasa (27/09/2016), telah ditemukan gajah Asia yang telah kehilangan sebagian kulitnya di hutan Myanmar. Konon kulit gajah ini digunakan untuk memenuhi permintaan para warga di Tiongkok. Kulit gajah ini digunakan untuk pengobatan tradisonal dan membuat perhiasan.

Makhluk besar ini ditemukan pada pencarian rahasia oleh badan amal yang berada di Inggris yaitu Elephant Family". Walaupun perdagangan gajah telah dilarang, namun banyak masyarakat sekitar yang masih memburu kulit gajah untuk dikonsumsi.

Tragis, Gajah Dikuliti Hidup-Hidup untuk Pengobatan danPerhiasan

Larangan internasional atas perburuan ini bertujuan untuk menjaga kepunahan gajah yang juga menjadi ikon negara Thailand. Bangkai gajah tersebut banyak ditemukan di hutan-hutan, dan ironinya mereka sudah kehilangan sebagian kulitnya.

Pemerintah Burma, mencatat hanya ada empat kasus dalam beberapa bulan terakhir. Namun, beberapa sumber tidak resmi lainnya mengatakan, setidaknya 50 gajah telah dikuliti setiap tahunnya.

Tragis, Gajah Dikuliti Hidup-Hidup untuk Pengobatan danPerhiasan

Pemerintah Burma juga mencatat, pemburuan gajah naik sampai 25 persen dalam kurun waktu dua tahun. Lebih dari 400kg kulit gajah disita di Tiongkok, setelah didapati 45kg lainnya telah terjual.

Dr Khyne U Mar, seorang ahli gajah Asia mengatakan, ini adalah hal yang sangat baru, "saya sangat prihatin atas kejadian tersebut, dan ini menjadi hal yang sangat baru untuk saya."

Selain itu, mereka juga telah melakukan penyelidikan ke pasar satwa liar di Mong La, sekitar perbatasan Burma - Tiongkok. "Kami baru saja menemukan peningkatan jumlah kulit gajah kering di sana," ujarnya.

Penulis:

Roza Razak

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.