Sukses

Kirobo, Robot Canggih Pendamping Manula Kesepian

Kirobo, robot imut ciptaan perusahaan otomotif Toyota ini diprogram dengan kecerdasan buatan hingga mampu menemani aktivitas manula.

Liputan6.com, Jakarta Kirobo menjadi robot canggih terbaru dari pabrikan otomotif Toyota. Perusahaan pembuat mobil dan mesin otomotif ini melakukan riset, dengan hasil makin banyaknya jumlah manula kesepian di Jepang.

Hasil riset ini menjadi acuan Toyota membuat Kirobo, robot imut yang dilengkapi kecerdasan buatan. Dikutip dari laman resminya, tim perisetnya berharap Kirobo bisa melakukan interaksi dengan manusia.

Kirobo disebut mampu melakukan beberapa hal yang cukup rumit untuk robot sejenisnya. Ia mampu melakukan percakapan kecil, sementara hanya dalam bahasa Jepang, dan dilengkapi kamera mini untuk mengenali ekspresi wajah.

Tak hanya wajah, Kirobo mampu mengenali gerak tubuh, nada suara, keadaan emosional, dari manusia teman manusianya. Tatapan bentuk mata di kepala Kiribi akan mengikuti gerakan kepala pemiliknya selama percakapan.

Tim riset dari Toyota bukan yang pertama dalam hal meneliti robot sebagai pendamping manusia. Sebelumnya, penulis David Levy melalui bukunya yang diterbitkan 2007 silam Love and Sex with Robots, memperkirakan manusia menikah dengan robot akan diresmikan pada 2050. Simak artikel tentang Fakta Mengerikan Dibalik Kenikmatan Robot Seks.

Berapa harga untuk robot Kirobo ini? Simak kelanjutan artikel dan videonya dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Begini Cara Orang Terkaya Dunia Beri Uang Jajan ke Anaknya. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.