Sukses

Duta Budaya RI Sukses Beraksi di Negeri Tirai Bambu

Jumat, 14 Oktober 2016 belasan mahasiswa Indonesia di Jiangxi Normal University, Jiangxi, China, sukses menjadi duta budaya di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta Jumat, 14 Oktober 2016 belasan mahasiswa Indonesia di Jiangxi Normal University, Jiangxi, China, sukses menjadi duta budaya di Tiongkok. Dalam acara “Multi Cultural Show 2016” yang di selenggarakan di Music Hall Jiangxi Normal University ini, mereka menampilkan Tari Gambyong dan Tari Saman untuk diperkenalkan kepada para mahasiswa lokal maupun internasional yang menjadi penonton hari itu.

Yang menarik dari penampilan para duta budaya tersebut tentunya adalah cerita di balik layar. Dengan segala keterbatasan teknis dan dana, serta disela kesibukan aktivitas perkuliahan, mereka tetap berusaha memberikan yang terbaik.

Selain dituntut kreatif menciptakan kostum dari bahan seadanya yang tersedia, para penari juga harus berlatih keras untuk mempersembahkan tarian yang menawan, karena mayoritas penari belum mempunyai skill dan pengalaman membawakan Tari Gambyong dan Saman.

Kerja keras mereka sejak beberapa minggu sebelumnya pun terbayar lunas. Terkesimanya penonton saat menyaksikan keanggunan tari Gambyong dan meriahnya suasana ketika tari Saman menghentak panggung, menjadi salah satu tanda kesuksesan penampilan mahasiswa Indonesia. Pujian dan apresiasi positif dari berbagai pihak terus berdatangan, menambah kebanggaan tersendiri bagi para mahasiswa Indonesia di Jiangxi Normal University.

“Sebagai mahasiswa Indonesia yang studi di luar negeri, kami mempunyai misi khusus dalam acara ini. Bukan hanya sekedar meramaikan tanpa makna, tapi keikutsertaan dalam acara ini adalah upaya kami untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat lokal maupun mahasiswa internasional lainnya. Sehingga segala keterbatasan dan tantangan tidak menyurutkan semangat kami untuk mempersembahkan yang terbaik”, demikian Bina Izzatu Dini, mahasiswa S1 Sastra Mandarin dan Wakil Sekretaris PPIT Nanchang menuturkan.

Kepala Departemen Kantor Urusan Internasional, Li Haijun sangat mengapresiasi keterlibatan para peserta pada hari itu. Menyambut respon positif penonton, Li Haijun berencana untuk mengadakan acara serupa pada semester selanjutnya.

Seusai penutupan acara, para mahasiswa Indonesia pun pulang dengan senyum puas, serta semakin bersemangat untuk menyiapkan event besar tahunan PPI Tiongkok cabang Nanchang yang akan digelar bulan depan: Indonesian Festival 2016.

Penulis:

Bina Izzatu Dini,

Mahasiswa S1 Sastra Mandarin, Jiangxi Normal UniversityWakil

Sekretaris PPI Tiongkok cabang Nanchang

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.