Sukses

Potret Muslim Salat di Tempat Terbuka Ini Buat Publik Simpati

Proyek dari seorang fotografer yang memotret muslim salat di tempat terbuka ini meraih simpati publik

Liputan6.com, Jakarta - Places You'll Pray merupakan serangkaian foto bertema yang menangkap masyarakat muslim Amerika yang beribadah di luar masjid dan rumah mereka. Sana Ullah, sang fotografer mengatakan kalau ia mendapat ide membuat proyek tersebut saat ia harus salat di ruang ganti di mall.

Sana mengatakan kalau tujuan dari proyek ini bukanlah untuk memamerkan kesalehan maupun ketaatan mereka. Melainkan, untuk menunjukkan kemudahan muslim beribadah dan menggambarkan sisi kehidupan muslim yang jarang dibahas di media.

"Muslim tidaklah sejahat yang selama ini diberitakan di media, yang suka menyakiti orang lain. Masih banyak muslim yang cinta damai dan menemukan kedamaian dengan beribadah lima kali sehari," tutur Ullah seperti dilansir dari Buzzfeed, Senin (17/10/2016).

Ullah biasanya akan meminta subyek yang ia foto untuk membawa mereka ke tempat terbuka di mana ia pernah beribadah, baru mengambil fotonya. Ia juga menjelaskan kalau ia sering mengambil foto mereka yang salat berjamaah.

buzzfeed 

Tidak hanya itu, fotografer perempuan itu juga mewawancara subyek yang ia foto, menanyakan bagaimana pengalaman mereka beribadah di tempat terbuka tersebut. Misalnya saja, saat ia mewawancarai seorang pemain basket dari Florida yang pernah salat di lapangan.

"Saat pertama kali aku salat di lapangan, banyak orang melihatku. Awalnya terasa canggung tapi kemudian seperti salat di masjid saja." Ullah meniru ucapan narasumbernya.

Dalam beberapa kasus, Ullah juga kerap mengambil foto secara spontan saat melihat seseorang yang tengah beribadah di tempat umum. Ia berharap, proyeknya ini dapat menjadi jembatan komunikasi antara pemeluk Islam dengan umat agama lainnya.

 

Seen praying in the Al Khatim Desert of #AbuDhabi, #UAE. Photo shared by @foredabegum. #PlacesYoullPray

A photo posted by Places You'll Pray (@placesyoullpray) on

 

Proyek Ullah secara lengkap dapat dilihat di akun Instagram Placesyoullpray.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.