Sukses

Tak Hanya Lezat, Kini Gado-gado Betawi jadi Warisan Budaya

Tak hanya menjadi kuliner lezat, gado-gado Betawi kini dietapkan sebagai warisan budaya oleh Pemerintah Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira untuk penggemar kuliner gado-gado. Makanan lezat berselimut saus bumbu kacang ini resmi ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2016. Tak hanya gado-gado, soto Betawi juga mendapat predikat sebagai warisan budaya.

"Gado-gado Betawi ditetapkan menjadi Warisan Budaya karena memiliki sejarah panjang," kata Ketua Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Indonesia Pudentia MPSS seperti dikutip dari laman Antara.

Pudentia menjelaskan hal itu sama seperti masakan khas Korea yakni Kimchi, yang memiliki sejarah panjang sejak zaman perang.

"Pada saat perang, penduduk Korea memikirkan bagaimana caranya makanan bisa awet dalam waktu lama. Sehingga lahirlah Kimchi," papar Pudentia di Jakarta.

Tahun ini, ada 150 karya budaya yang ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda. Termasuk diantaranya Gado-gado dan Soto Betawi, serta Bakpia. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Dijatuhkan dari Lantai 148, Begini Kondisi iPhone 7. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.