Sukses

Eksotis, “Selfie Yuk” di Desa Paling bersih Sedunia

Pulau Bali memang masih menjadi salah satu juara soal destinasi wisata di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pulau Bali memang masih menjadi salah satu juara soal destinasi wisata di Indonesia. Keindahan alam dan kekayaan budaya yang masih sangat kental menjadi keunikan tersendiri bagi daerah berjuluk “Pulau Dewata” ini. Destinasi wisata seperti pantai, pegunungan, pura, dan pusat perbelanjaan menjadi tempat yang paling dicari para wisatawan lokal dan mancanegara.

Namun demikian, tahukah anda bahwa di Pulau Bali, ada salah satu desa yang pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia?

Kali ini, Asran Shady mengunjungi desa Penglipuran di Bali. Konon, desa seluas 112 hektar ini sudah ada sejak 700 tahun yang lalu, tepatnya pada masa Kerajaan Bangli. Desa ini dahulu dikenal sebagai tempat peristirahatan para raja di Bali yang ingin mendapatkan suasana yang tenang, nyaman dan damai. Desa yang terletak di Kabupaten Bangli ini dinobatkan menjadi desa wisata pada tahun 1995.

Eksotis, “Selfie Yuk” di Desa Paling bersih Sedunia

Desa ini memiliki penataan ruang serta arsitektur yang tidak biasa di Indonesia. Rumah-rumah yang ada di desa itu ditata simetris, sehingga pintu-pintu gerbang rumah yang dipisahkan oleh jalan desa pun berhadapan dengan apik. Salah satu aturan di desa tersebut yaitu kendaraan bermotor dilarang melintas di jalan desa. Itulah sebabnya desa tampak sejuk dan asri. Asran tak lupa mengabadikannya dengan berfoto selfie di jalanan desa.

Penataan ruang desa Penglipuran yang sudah ada sedemikian rupa sejak turun temurun memang tidak bisa lepas dari peran masyarakat setempat. Warga desa peraih penghargaan kalpataru itu selalu menjaga tradisi budaya dengan mempertahankan dan melestarikan bangunan dan ruang terbuka yang ada di desa itu. Terkesan dengan warga desa, Asran pun berfoto selfie dengan salah satu dari mereka.

Eksotis, “Selfie Yuk” di Desa Paling bersih Sedunia

Selain penataan desa yang menjadi wujud dari pelestarian budaya, kedatangan Asran pun disuguhkan dengan Pertunjukan Ngelawang. Pertunjukan yang dilakukan oleh sekelompok anak-anak dengan mengarak barong keliling desa dan diiringi gamelan. Penasaran dengan keseruan Asran mengeksplor desa paling bersih di dunia itu? Anda dapat menyaksikannya dalam “Selfie Yuk” pada Fokus Akhir Pekan, Sabtu pukul 15.00 WIB, hanya di Indosiar.

Penulis:

Dedy Zebua

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini