Sukses

6 Kuliner Khas Aceh, dari Mie Kocok Sampai Apam yang Harus Dicoba

Tapi, jalan-jalan ke Banda Aceh takkan lengkap bila kita tidak menikmati kuliner khas Aceh.

Liputan6.com, Jakarta Banda Aceh, mendengar namanya, selalu terlintas betapa dahsyatnya bencana gempa dan tsunami 2004 silam. Tapi kota kecil di ujung utara pulau Sumatra ini, kini menjelma menjadi salah satu kota tujuan wisata Tsunami.

Tapi, jalan-jalan ke Banda Aceh takkan lengkap bila kita tidak menikmati kuliner khas Aceh. Bukan hanya mie Aceh, Nasi Goreng Aceh, ataupun gulai kambing khas Aceh melainkan ada banyak kuliner asli Aceh yang tidak kalah enak dari makanan Aceh yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

Nah, bila nanti kamu berkunjung ke Banda Aceh, ataupun hanya sekedar mampir ke kota yang hanya memiliki luas 62 Km2 ini, tidak ada salahnya kamu mencoba 5 kuliner khas di Banda Aceh :

1. Mie Kocok Aceh, Awak Awai

Berbicara mie kocok, berarti kita harus berbicara etnis thionghoa dan Sumatra utara. Karena menurut beberapa literature mengatakan kalau mie kocok yang ada di kota Banda Aceh hari ini, dibawa oleh kaum etnis thionghua dari Sumatra utara. Lalu, apa yang membuat mie kocok ini berbeda?

Dilihat dari tampilan dan rasa, mie kocok Aceh ini memiliki rasa yang lebih gurih. Kaldu ayam ditambah kaldu kepiting begitu terasa. Ditambah lagi, tidak ada irisan daging ayam sebagaimana mie kocok pada umumnya.

Terlepas dari itu semuanya, harganya super bersahabat! Kamu tidak usah ragu dan takut tatkala memesan mie kocok Aceh lebih dari satu porsi. Dan jangan pernah ragu untuk menambahkan cumi, ayam goreng, atau puyuh goreng ke dalam piring mie kocokmu. Karena itu akan membuatnya semakin maknyus.

Selengkapnya

Pengirim:

Yudi randa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini