Sukses

Bekasi Guide, dari Hobi Menjadi Sumber Informasi

Dua orang pelajar asal SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, membuat aplikasi mobile yang dinamakan Bekasi Guide.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi saat ini sudah tak diragukan lagi. Hampir setiap orang menggunakan gawai dalam mencari sebuah informasi, lokasi maupun tempat wisata. Tak hanya itu, gawai pun digunakan dalam memperkenalkan sebuah budaya, kuliner, serta fasilitas umum.

Bekasi Guide, sebuah aplikasi berbasis mobile yang mengenalkan tentang kota Bekasi, Jawa Barat. Aplikasi Bekasi Guide dibuat oleh dua orang pelajar asal SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi yang tergabung dalam Tim Syntax Telesandi. Arief Wardhana dan Luthfir Arqam, siswa kelas XII yang berhasil menuangkan hobinya dalam sebuah prestasi di bidang teknologi informasi.

Arief dan Luthfir, siswa pembuat aplikasi Bekasi Guide menjawab wawancara dengan Feny Sasmitha dari Campus CJ Liuputan6.com sebagai berikut:

Apa tujuan dibuatnya aplikasi Bekasi Guide ini?

Aplikasi Bekasi Guide ini dirancang agar dapat memberi informasi kepada masyarakat Bekasi, masyarakat luar daerah, maupun wisatawan asing. Aplikasi ini, memberikan informasi yang sebelumnya orang-orang belum tahu, misalnya tentang trayek angkutan kota Bekasi, tempat wisata di Bekasi, dan informasi seputar tempat kuliner di daerah Bekasi.

Siapa saja tim yang terlibat dalam pembuatan aplikasi Bekasi Guide ini?

Anggota tim yang terlibat dalam proses pembuatan aplikasi Bekasi Guide sekitar 15 orang. Bukan hanya itu saja, tim Syntax Telesandi pun mendapat bimbingan dari Kepala Program Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Sari Gumbira, S.Kom serta support dari pihak sekolah yang telah mendukung sepenuhnya atas karya aplikasi Bekasi Guide ini.

Konten apa saja yang ditawarkan kepada publik dalam aplikasi Bekasi Guide ini?

Dalam aplikasi Bekasi Guide ini, membahas tentang beragam hal di Bekasi. Tak hanya itu, dalam aplikasi ini dapat langsung mencari tahu lokasi tempat tersebut berada.

Konten yang ada di aplikasi Bekasi Guide antara lain, Sekolah (nama-nama dan lokasi sekolah yang ada di Bekasi), Kuliner (berisi tentang info makanan tradisional), Wisata (tempat wisata yang wajib dikunjungi jika datang ke Bekasi), Budaya (kumpulan budaya yang ada di Bekasi, meliputi Wayang Kulit, Tanjidor, Tari Topeng, dan sebagainya), serta Fasilitas Umum (terdapat info tentang Mall dan Supermarket, Trayek Angkutan Umum, Tempat Ibadah, Cafetaria dan Restoran, serta Rumah Sakit yang ada di Bekasi).

Strategi-strategi apa saja yang digunakan dalam menjalankan aplikasi Bekasi Guide ini dalam menarik perhatian user?

Strategi yang digunakan dalam Tim Syntax Telesandi hanya sederhana, menggunakan desain User Interface / User Experience (UI/UX) yang menarik dan tidak monoton. Bukan hanya desain, memberikan informasi yang menarik dan sesuai fakta, dan memberikan informasi yang sebelumnya belum pernah diketahui. Aplikasi Bekasi Guide pun memberikan high quality dari segi kualitas gambar, warna-warna yang fresh, serta meningkatkan performa aplikasi agar tetap ringan.

Ikuti kelanjutan wawancara dan video tentang aplikasi Bekasi Guide dengan mengeklik tautan berikut ini. Kamu juga bisa berdiskusi tentang pengalaman menggunakan aplikasi ini di Forum Liputan6.com.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Restoran di Texas Gunakan Rumus Matematika jadi Kunci Wi-Fi. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis

Feny Sasmitha - Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.