Sukses

Potret Suram Bencana Kelaparan di India, Seperti Apa?

Potret-potret suram ini menunjukkan bagaimana bencana kelaparan yang melanda India selatan membuat negara itu hancur

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi kelaparan pernah melanda India selatan. Tragedi yang disebut Bencana Kelaparan India Selatan ini dimulai pada tahun 1876 dan memengaruhi daerah selatan serta tenggara India, termasuk Madras dan Bombay.

Bencana kelaparan yang berlangsung selama dua tahun itu kemudian menyebar hampir ke semua jalan utara Punjab. Bencana Kelaparan Besar diperkirakan telah membunuh sekitar 5,5 juta orang. Diduga, kemarau berkepanjangan menyebabkan gagal panen akut di Dataran Tinggi Daccan.

-

Bencana kelaparan ini merupakan yang pertama dari tiga bencana kelaparan yang melanda India selama pemerintahan Ratu Victoria. Saking parahnya, kondisi ini membuat orang terpaksa menjual anak-anak mereka untuk ditukar dengan makanan. Malahan, banyak yang menjadi korban kanibalisme.

Ironisnya, pada saat yang sama, tengah diadakan perayaan besar atas dinobatkannya Ratu Victoria sebagai Ratu dari India. Lebih dari 6.000 tamu diundang untuk menyantap makanan dan anggur.

-

Melansir dari Unbelievablefacts, Rabu (23/11/2016), melihat permasalahan bencana kelaparan itu makin serius, Komisi Penanggulangan Bencana Kelaparan pun dibentuk pada tahun 1880. Pemerintah segera mengambil langkah-langkah paling cepat untuk mengatasi bencana tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.