Sukses

10 Kecelakaan Pesawat Paling Parah yang Menimpa Tim Sepak Bola

Kecelakaan pesawat berikut termasuk tragedi yang sulit dilupakan.

Liputan6.com, Jakarta - Baru–baru ini dunia sepak bola sedang berduka terkait kecelakaan pesawat yang dialami oleh salah satu tim sepak bola asal Brasil. Pesawat British Aerospace 146 yang membawa tim The Chapecoense jatuh di pegunungan Antioquian yang jaraknya tak jauh dari kota Medellin, Kolombia.

Jatuhnya pesawat yang membawa tim sepak bola sebelumnya juga sudah pernah terjadi. Korban yang ditelan pun tak tanggung–tanggung, ada yang mencakup seluruh tim ada juga yang hanya beberapa saja. Berikut ini daftar 10 kecelakaan pesawat yang dialami oleh tim sepak bola :

1. Torino F. C.–4 Mei 1949

Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 4 Mei 1949. Tragedi ini bermula ketika Torino F.C sedang melakukan pertandingan persahabatan melawan Benfica untuk menghormati Francisco Ferreira, Kapten Portugal yang memutuskan untuk gantung sepatu dari sepak bola.

Pertandingan berjalan sangat sengit, hal itu terbukti dari jumlah skor yang dicetak dan pertandingan pun dimenangkan oleh tim keseblasan Benfica dengan skor 4-3.

Selepas pertandingan yang diadakan pada tanggal 3 Mei 1949, keesokan harinya Torino F.C memutuskan untuk langsung kembali ke italia. Cuaca pada saat itu sangat buruk, pesawat pun jatuh di Basilica of Superga dan menewaskan seluruh penumpang. Total korban berjumlah 31.

2. Manchester United–6 February 1958

Tragedi yang terjadi pada tanggal 6 February 1958 ini terjadi di Bandar Udara Munich-Riem. Kecelakaan terjadi ketika pesawat yang ditumpangi oleh pemain Manchester United ini mencoba untuk lepas landas di landasan yang dipenuhi kubangan lumpur.

Pesawat yang saat itu memuat 44 penumpang terdiri dari wartawan, pendukung, dan para pemain Manchester United yang kala itu sedang bersinar dan dijuluki “Busyby Babes” tidak berhasil lepas landas di usahanya yang ketiga.

Dari ke 44 penumpang, hanya 21 orang yang berhasil selamat dan 23 orang meninggal termasuk sang pelatih Mat Busby.

3. Danish Olympic Football Triallists–16 july 1960

Pada tanggal 16 July 1960, setelah take off dari bandara Copenhagen, pesawat de Havilland Dragon Rapide yang disewa oleh PSSI-nya Denmark jatuh di Oresund, sekitar 50 meter dari pantai setelah pilot pesawat kehilangan kendali karena cuaca yang buruk. Delapan penumpang meninggal dan sang pilot berhasil selamat namun kakinya harus diamputasi.

Pesawat Havilland membawa 8 pemain ke Bandara Herning untuk seleksi Tim Nasional Denmak yang akan bertanding di Olimpiade 1960.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini